Universitas Trisakti mengadakan Seminar Bisnis Nasional 2021 bertajuk tema “Digital Transformation Guide For Young Entrepreneurs”. Seminar tersebut berlangsung pada 6 November 2021 dengan topik “Trisakti Entrepreneur Fair 2021” yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom meeting dengan tujuan untuk mengembangkan potensi berbisnis.

Menghadirkan 3 narasumber

  1. Fiki Satari selaku Staff khusus KemenKop UKM RI, Ketua umum ICCN.
  2. Rex Marindo selaku Entrepreneur, Founder & CEO Foodizz (1st F&B EduTech in indonesia).
  3. Audrey Maximilan selaku Co-Founder & CEO Rilliv.co, serta masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia.

Seiring dengan perkembangan pada era tranformasi digital, semakin banyak pula ide yang dikeluarkan sebagai bentuk kreativitas, inovatif dan fondasi ilmu untuk membangun bisnis yang kuat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan potensi diri dalam berbisnis terutama pada saat pandemi seperti ini yang cukup menyulitkan para pebisnis.

Rex Marindo mengatakan, “dalam menjalankan sebuah bisnis, orang-orang terlebih dahulu akan melakukan opportunity dan pastinya ia memiliki inovasi untuk melakukan bisnisnya”. Sebuah inovasi membentuk pola pikir, ide dan kreativitas dalam mengawali bisnis.

8 Fondasi Membentuk Inovasi

  1. Define the problem or objectives, peluang yang ingin dicapai untuk bisa meningkatkan pencapaian dan performance perusahaan dalam satu tahun kedepan.
  2. Set the specific target, program yang dibuat dan akan diemplementasikan di dalam organisasi dan divisi yang kita jalankan.
  3. getting insight, kumpulkan, cari dan temukan berbagai data, fakta dan informasi, knowledge dan experience untuk bisa mencapai target yang dibuat.
  4. Ideation, lakukan proses diskusi/tukar ide/ lempar ide dan collecting idea terkait target yang ingin dicapai.
  5. testing the idea, lakukan idea dalam kondisi terbatas untuk menguji apakah ide ini bisa dijalankan secara organisasi.
  6. Get the feedback, review kembali semua hasil riset dan MVP awal untuk kemudia diputuskan apalah discale atau tidak.
  7. Implementation the idea, ide yang sudah divalidasi, segera diimplementasikan.
  8. Evaluation & Review, evaluasi, inovasi dan ide yang diterapkan secara berkala, dilihat kembali apakah dapat mencapai tujuan yang dibuat awal atau tidak.

Selain inovasi, menjadi kreatif sangatlah penting untuk mengembangkan sebuah strategi sebagai bentuk potensi berbisnis.

5 Hal Membentuk Ide Yang Relevan Melalui Kreativitas

  1. The brief, setiap individu atau tim yang terlibat wajib mendapatkan brief dengan detail.
  2. The team, tim yang terlibat tidak harus hanya dari divisi terkait COGS, tetapi juga bisa dari divisi lain yang bisa memberi ide yang berbeda.
  3. Brain storming, tukar pikiran dan debat dengan masing masing insght dan ide terkait dengan bagaimana menurunkan COGS.
  4. Sharping the idea, memfokuskan ide utama untuk dieksekusi.
  5. MVP Idea, ide final yang sudah melalui serangkaian proses brainstorming siap untuk dites dan diriset ke tahap selanjutnya.

Materi selengkapnya di https://youtu.be/zHbMpk8OCSQ

Yuk! mari kembangkan potensi bisnis dengan meningkatkan kreativitas, inovasi, dan mengetahui berbagai potensi untuk menjalankan sebuah bisnis yang kuat.

Penulis: Bintang Bellatrix Editor: WIfda Mufti Karima