Bicara mengenai Ekonomi Syariah, memang masih banyak hal yang harus dikembangkan dalam penerapannya di Indonesia, untuk itu medcom.id bekerjasama dengan MES DKI Jakarta dan Universitas Al Azhar Indonesia dalam hal ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan seminar bertajuk Indonesia Syariah Economic Outlook pada Senin, 12 Desember 2018 kemarin.

Rupanya seminar yang diadakan di Auditorium Arifin Panigoro kemarin tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia saja lho. Para pengusaha maupun dosen dari luar dan dalam UAI ikut antusias menghadiri seminar tersebut. Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh hebat, diantaranya Ust. Yusuf Mansur pengusaha bisnis berbasis syariah, Rezza Artha selaku ketua umum MES DKI Jakarta, Bapak Imansyah Deputi Komisioner Internasional dan Riset OJK serta  masih banyak lagi.

Seminar yang terdiri dari dua sesi ini memiliki narasumber yang berbeda-beda disetiap sesinya dan yang pasti gak bikin bosen. Sesi pertama diisi oleh Rianto Sofyan yang bekerja di Kementrian Pariwisata, Beliau menyebutkan bahwa konsentrasi pemerintah saat ini adalah mengembangkan ekonomi sektor pariwisata untuk menjadi peringkat pertama dalam Global Muslim Travel Index.

Selanjutnya sesi kedua diisi oleh Ardhi Ridwansyah yaitu Konsultan Pengembangan Program MarkPlus, Inc. yang menyebutkan bahwa selain pengembangan ekonomi berbasis syariah, Indoensia juga perlu pengembangan dalam hal kontribusi perempuan terhadap PDB dan Ekspor Indonesia untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Hadir pula dalam sambutannya Bapak Abdul Kohar, yaitu ketua pemimpin redaksi medcom.id sekaligus wakil pemimpin redaksi Metro TV, Beliau menyebutkan bahwa kerja sama yang dilakukan medcom.id dengan MES DKI Jakarta adalah upaya membesarkan ekonomi syariah di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk muslim yang besar.

Namun sayangnya untuk mengembangkan ekonomi berbasis syariah di Indonesia tidak semudah itu, karena telah lahirnya stigma yang menyertai ketika mendengar kata “Syariah” ditengah masyarakat kita. Nah tugas kita nih sahabat deCODE, untuk menghilangkan stigma negatif tentang ekonomi syariah di masyarakat sebagai bentuk kontribusi kita memajukan ekonomi berbasis syariah!

Reporter: Nada Salsabila
Editor: Nur Syifa Buchis