June 15, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Inklusi Melalui Film: Pengalaman Nonton Bersama Tunanetra di Universitas Al Azhar Indonesia

2 min read

Para pembisik dan teman netra foto bersama setelah acara "Nonton Bersama Teman Netra".

Dalam rangka pengabdian masyarakat, Program Studi Ilmu Komunikasi UAI mengadakan kegiatan bertajuk “Nonton Bareng Teman Netra”. Kegiatan ini bekerja sama dengan Komloving (Komunitas Low Vision New Gen) dan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 5-6 Juni 2023.

Acara ini diselenggarakan oleh Cut Meutia Karolina, M.I.Kom dan Dr. Irwa Rochimah, M.Si selaku dosen Prodi Ilmu Komunikasi. Nonton bareng Teman Netra ini adalah hasil dari riset yang dilakukan oleh Cut Meutia pada tahun 2019-2020. Ia menyadari kondisi teman-teman netra di Indonesia masih tergolong minoritas dan hak-hak mereka seringkali dilupakan.

Kegiatan nonton bareng Teman Netra ini, melibatkan 15 volunteers mahasiswa yang bertugas menjadi pendamping sekaligus pembisik bagi Teman Low Vision. Meskipun bagi beberapa volunteer ini menjadi pengalaman pertama. Namun, hal tersebut tidak menjadi penghambat bagi mereka untuk memberikan yang terbaik.

Pelatihan Para Volunteer “Nonton Bareng Teman Netra”

Para volunteer sudah menjalani pelatihan pada hari pertama, berupa pengenalan menonton bersama Tunanetra dan bagaimana menjadi pembisik yang ideal. Para pembisik juga mendapatkan pujian dari teman Low Vision, “Pendampingannya kalau menurut saya, dibandingkan dengan acara yang sudah pernah saya ikuti, ini paling bagus,” ujar Indra Cahya wiguna, teman dari Komloving.

Dr. Irwa Rochimah, M.Si, menyatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan konsep Ilmu Komunikasi, “di mana konsep komunikasi, kalau pesan itu sampai berarti berjalan dengan baik. Nah, kalau Teman Netra bisa menerima dan memahami pesan yang ada di film tersebut berarti pembisiknya sudah berhasil untuk melaksanakan tugasnya dengan baik”.

Indra juga berharap acara nonton bareng teman netra bisa diselenggarakan kembali, “kalau bisa ya jangan putus di hari ini aja. Bisa berlanjut, karena ini jadi salah satu fokus kita dari teman-teman Komloving untuk memperkenalkan low vision ke masyarakat luas dan harapannya, selain bisa interaksi secara langsung, bisa sharing sama teman-teman. Kegiatan selanjutnya mungkin bisa lebih banyak lagi yang berpartisipasi jadi kita bisa sharing lebih besar”.

Nonton bareng teman netra ini adalah salah satu cara kecil yang dapat kita lakukan untuk mendukung dan membangun komunitas yang inklusif. Mari kita terus memperjuangkan kesetaraan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk hiburan. Semoga acara ini bisa terus berlanjut ya.

BACA JUGA: Sikap Generasi Z, Menghadapi Fenomena Islamophobia

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.