June 15, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Nostalgia 5 Lagu Legendaris Disney Mana Favoritmu?

4 min read

Sumber: YouTube

Siapa sih yang tau Disney? Film-film karya Walt Disney Animation Studios pastinya tidak asing didengar oleh anak-anak bahkan orang tua. Tidak dapat dipungkiri bahwa Disney salah satu studio animasi film keluarga terbaik di luar sana dengan sederet lagu dan soundtrack yang dinikmati dari generasi ke generasi hingga menjadi legendaris dan iconic. Nah, ini dia lima lagu legendaris dari film animasi Disney dijamin bikin kamu langsung terbawa ke memori masa kecil kamu.

  1. Whole New World (Aladdin)

Lagu ini merupakan salah satu lagu terpopuler dari Disney, yaitu dari film fitur animasi klasik Disney pada tahun 1992, Aladdin. Disusun oleh Alan Menken dan lirik ditulis oleh Tim Rice, lagu ini sukses menjadi lagu Disney klasik yang diingat seluruh kalangan usia. Makna lagu “A Whole New World” menceritakan tentang kebahagiaan Aladdin untuk menjalani lembaran hidup baru dengan kesederhanaan bersama Putri Jasmine yang ia cintai.

Pada tahun 2019 Aladdin kembali dirilis oleh Disney dalam versi Live Action dengan soundtrack sama yang dinyanyikan oleh Zayn dan Zhavia Ward. Dirilisnya film dan soundtrack versi terbaru ini menarik banyak penonton dan membuat lagu tersebut dimainkan di berbagai radio dan menjadi trending topic nomor 1 di YouTube Indonesia.

2. Beauty and the Beast (Beauty and the Beast)

Dinyanyikan oleh Celine Dion dan Peabo Bryson, ditulis oleh Alan Menken dan Howard Ashman, “Beauty and the Beast” merupakan soundtrack film animasi klasik Disney berjudul, yaitu Beauty and the Beast pada tahun 1991. Seperti yang disebutkan di liriknya yang berbunyi, “Tale as old as time, song as old as rhyme, Beauty and the Beast”, lagu ini menceritakan kisah klasik tentang Si Cantik dan Si Pangeran Buruk Rupa diceritakan dari masa ke masa dan tak lekang oleh waktu.

Kisah tersebut mulanya dituangkan dalam lagu yang ditulis oleh Gabrielle-Suzanne de Villeneuve dalam novel berjudul La Belle et La Bête pada abad ke-17 Masehi dan versi lain oleh Jeanne-Marie Leprince de Beaumont, sehingga dianggap sebagai cerita klasik tertua yang pernah ada. Film Beauty and the Beast versi Live Action sendiri kembali dirilis oleh Disney pada tahun 2017 lalu dengan OST yang sama, dibawakan oleh penyanyi terkemuka Ariana Grande dan John Legend.

3. Let It Go (Frozen)

“Let It Go” merupakan soundtrack film animasi Disney pada tahun 2013 ditulis oleh Kristen Anderson-Lopez and Robert Lopez. Versi asli lagu ini dibawakan oleh aktris dan penyanyi berperan sebagai pengisi suara Ratu Elsa dalam film tersebut, yaitu Idina Menzel. Walt Disney Records kemudian merilis lagu versi Menzel sebagai single dan dipromosikan ke radio kontemporer dewasa pada Januari 2014.

Untuk official soundtracknya sendiri, lagu ini disederhanakan menjadi versi pop dengan lirik lebih pendek dan paduan suara latar dinyanyikan oleh aktris dan penyanyi Demi Lovato di bagian kredit penutup film sangat populer pada masanya. “Let It Go” mempunyai makna dan pesan untuk hiduplah dengan menjadi diri sendiri dan berani mengekspresikan diri dengan bebas.

4. Under The Sea (The Little Mermaid)

“Under the Sea” sebuah lagu dari film animasi Disney tahun 1989 The Little Mermaid, disusun oleh Alan Menken dengan lirik ditulis oleh Howard Ashman. Lagu yang penuh keceriaan ini dipengaruhi oleh gaya calypso dari Karibia berasal dari Trinidad dan Tobago, serta reggae berasal dari Jamaika. Lagu ini dinyanyikan dalam film oleh Samuel E. Wright, pengisi suara Sebastian.

Lagu tersebut memenangkan Academy Award untuk Best Original Song pada tahun 1989 dan Grammy Award untuk Best Song Written for Visual Media pada tahun 1991. Lagu tersebut kemudian dibawakan oleh Daveed Diggs dalam remake film The Little Mermaid tahun 2023. Makna lagu “Under The Sea” bahwa kehidupan darat tidak lebih baik daripada kehidupan laut yang serba ada bagi rakyat Atlantis.

5. Hakuna Matata (The Lion King)

“Hakuna Matata” lagu dari film animasi ke-32 Disney rilis pada tahun 1994, The Lion King. Lagu dengan tempo sederhana, pesan yang ceria, dan lirik ditulis oleh Elton John dengan lirik oleh Tim Rice. Inspirasi dibuatnya lagu ini didasarkan dari slogan Timon dan Pumbaa dalam film tersebut, yaitu, “Hakuna matata”, sebuah frasa asal Swahili, Afrika Timur yang berarti “jangan khawatir”, disebutkan dalam liriknya. Pesan disampaikan dalam lagu menunjukkan kepada Simba tentang filosofi hidup dan cara bertahan hidup sendiri.

Pada tahun 1995, lagu ini dinominasikan untuk Best Song di Academy Awards ke-67 dan menduduki peringkat ke-99 dalam daftar AFI dari 100 lagu film Amerika terbaik sepanjang masa. Hingga saat ini, “Hakuna Matata” telah menjadi salah satu lagu Disney yang paling terkenal dan populer, menjadikannya sebagai salah satu lagu terbesar dan paling iconic dari studio Disney.

Nah, itu dia lima lagu legendaris dari film animasi Disney yang hingga saat ini merupakan lagu timeless dan akan terus didengarkan dari masa ke masa. Setelah mengetahui makna dan pesan yang ingin disampaikan lagu-lagu tersebut, lagu mana yang jadi favoritmu?

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.