deCODE

Preneurtalk "Pandemi momentum kebangkitan UMKM"

Webinar PRENEURTALK “Pandemi Momentum Kebangkitan UMKM”

Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan webinar Preneur talk. Webinar bertemakan pandemi Momentum kebangkitan UMKM dilaksanakan secara virtual pada (20/11/ 2021). Webinar kali ini menghadirkan Syahreza Yusuf yang merupakan founder & marketing Director Lebih.ID dan Ammar Mandili merupakan Direktur Utama @mandili.us @pendarindonesia sebagai narasumber.

Topik pembahasan webinar kali ini berangkat dari UMKM di Indonesia yang sedang merasakan dampak dari kasus pandemi Covid-19. Tentu ini menjadi tantangan yang tidak mudah dihadapi, karena adanya peraturan pembatasan sosial berskala besar. Sehingga berdampak pada terbatasnya minat beli konsumen yang menyebabkan sektor ekonomi semakin menurun. Maka dari itu, Syahreza dan Ammar memberikan beberapa tips untuk para UMKM yang terdampak.

1. Memperkenalkan Brand

Memperkenalkan brand bisa dilakukan dengan mengenal target dan strategi yang diinginkan oleh audiens dan media. Contohnya, membuat iklan untuk menarik perhatian audiens, agar tidak mengeluarkan budget lebih, bisa dimulai dengan editing melalui apps dan website.

2. Berlomba dengan kompetitor

Menghadapi kompetitor dengan berlomba lomba berinnovasi. “adanya kompetitur sangat dibutuhkan untuk ngepush apa yang ada pada diri sendiri untuk berpikir dan mengeluarkan ide dengan. Teknologi memiliki peran penting karena sangat baik untuk memberikan nilai positif bagi para UMKM “ujar Syahreza Yusuf.

Berbeda dengan Syahreza, Ammar Mandili mempunyai tipsnya sendiri untuk para UMKM. Tipsnya sebagai berikut :

  • Membuat berita cepat dengan mengikuti trend terbaru melalui https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID
  • Memperhatikan Headline & bodyline (telling not selling), dengan itu membuat orang yang sudah berhenti terus menonton dan membaca. Perhatikan Story, need, desire (melakukan survey dan menceritakan atau menjelaskan produk sesuai dengan keinginan orang, sebagai menarik perhatian memberikan kepuasan).
  • Memperhatikan kata-kata dari KBBI sebagai teknik marketing, https://rimakata.com/
  • Rumus call action dengan rumus 10 detik terakhir/baris paragraph terakhir (command, desire,pride). Hal ini untuk melihat apakah audiens menyukai konten tersebut sehingga membuat ia menjadi pengikut?

Solusi dan tips yang diberikan Syahreza dan Ammar ini diharapkan dapat membantu bisnis para UMKM tetap be good leader, stay positif dalam relationship. Selain itu supaya tetap terjaga baik secara internal maupun eksternal dan banyak belajar dari kesalahan supaya memiliki wawasan dan peluang.

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Bintang+Bellatrix”]Penulis: Bintang Bellatrix [/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Amanda+Rizki”]Editor: Amanda Rizki[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *