Pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal tahun 2020 memukul hampir semua persendian kehidupan. Segala sektor ekonomi sempat lumpuh akibat pandemi ini. Tak terkecuali para pelaku UMKM yang mengalami keterpurukan 2 tahun belakangan.

Sehubung dengan hal itu, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia menyelenggarakan Webinar UMKM Talk. Acara ini diselenggarakan secara daring dengan mengundang dua narasumber.

Narasumber pertama, Claraecha Syifa SK selaku owner @saycleo.id dan @clavaastudio. Narasumber kedua, Raden Raka selaku owner @kapitano.milkbar dan @desa.plus. Webinar ini diselenggarakan pada Sabtu, (13/11/21). 

Dalam webinar, Claraecha mengatakan bahwa dalam keadaan sulit seperti ini, hal-hal positif dapat juga dilihat dengan baik. Tidak menjadikan pandemi sebagai alasan untuk terpuruk terus-meneurs, melainkan memanfaatkan peluang untuk membangun dan mempertahankan bisnis. 

Banyak orang yang mengeluh dan putus asa akibat pandemi. Para pelaku UMKM khususnya mengeluhkan tidak punya modal usaha untuk membangun bisnis atau berusaha bertahan di situasi ini.

“Bisnis bukan suatu hal yang harus punya modal besar diawal. Tapi jika tidak bisa mempertahankan semua akan jatuh juga.” ujar Clarecha.

Baca Juga : Mengembangkan Potensi Bisnis Melalui Seminar Trisakti

Modal usaha bukanlah satu-satunya fokus utama yang harus dipikirkan. Raden Raka berpendapat bahwa kita jangan terlalu sibuk membuat strategi, tapi lihat pondasinya kuat atau tidak? Karena ada beberapa hal yang terjadi tanpa kita prediksi di masa depan. 

Pondasi tersebut berhubungan dengan kepercayaan diri dan kesiapan mental dalam menjalankan bisnis. Karena memulai bisnis bukan suatu hal yang mudah terutama di masa pandemi ini. Kepercayaan diri dan kesiapan mental memegang peran penting dalam menentukan kesuksesan. 

Membangun kepercayaan diri dan mental bisa dilakukan dengan memberanikan diri untuk bertanggung jawab. Sehingga akan melakukan yang terbaik agar tidak mendapatkan resiko buruk. Hal lainya yang dapat dilakukan adalah fokus pada tujuan bukan rasa takut.

“Yang paling harus dikuatin selain mental adalah percaya diri. Kita harus percaya diri bahwa kita bisa membangun bisnis dan selalu yakin apa yang bisa kita lakukan.” tutup Claraecha dalam pemberian materi Webinar.

Penulis: Amanda Rizki Editor: Siti Masitoh