Halo sahabat deCODE, 22 Desember kemarin, di setiap tahunnya Indonesia merayakan sebagai Hari Ibu. Tentunya dengan beribu-ribu harapan, ayah, kakak maupun adik mengingat kebaikan jasa Ibu mereka, Dan selalu memberikan rasa hormat kepada sosok wanita yang selalu mengasihinya.

Sudah menjadi hukum alam, bahwa ayah yang bekerja mencari nafkah, sedang Ibu mengurus rumah tangga dan anak. Namun sering perubahan zaman, dengan segala tuntutan ekonomi yang semakin tinggi, membuat ibu yang akhirnya harus turut bekerja. Akibatnya, waktu berharga di dalam keluarga berkurang dan urusan rumah tangga dikerjakan bersama-sama. 

Dalam hal ini, Ibu harus berperan ganda untuk bisa menyeimbangi, mencari nafkah dan juga mengurus rumah tangga maupun anak, meski ayah yang pengertian masih mau membantu dalam mengurus rumah tangga dan anak.

Bagi Seorang Ibu pekerja, walau kuantitas berkurang, namun harus tetap berusaha memberikan pendekatan untuk anak. Baik setelah pulang kerja maupun pada libur akhir pekan. Anak harus tetap mendapatkan perhatian dan kasih sayang agar menjadi orang yang disiplin dan bertanggung jawab.

Bagi Ibu pekerja harus sering melakukan aktifitas bersama dengan anak-anaknya agar tumbuh keakraban dengan anak.

Baca juga: Kisah Miki dan Aspirasi Mahasiswa di Hari Ibu

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ibu dan anak:

1. Bermain bersama

Seorang Ibu pekerja harus menyediakan waktunya, untuk bermain bersama anaknya. Karena dengan cara bermain bersama akan terbentuk kedekatan antara Ibu pekerja dan si buah hati.

2. Bernyanyi bersama

Hal ini adalah aktifitas yang menyenangkan bagi anak, sekaligus melatih otaknya untuk menghafal melalui syair lagu.

3. Menari bersama

Hal ini melatih gerakan fisik ibu pekerja dan anak, sekaligus melestarikan budaya bangsa.

4. Membaca bersama

Meski ibu sudah lelah bekerja seharian, sambil beristirahat,  kenalkan anak pada buku. Jadikan suatu kebiasaan sebelum tidur, anak terbiasa membaca buku.

5. Makan bersama

Meja makan merupakan salah satu sarana berkumpulnya keluarga. Disini tempat yang tepat bagi orang tua untuk mengajarkan aturan sosial, meski bisa juga di tempat tidur atau di tempat lain. Melatih anak untuk bisa bekerja sama dengan orang tua untuk  menyiapkan hingga menata makanan di atas meja.

Semua hal ini tampaknya menambah kelelahan bagi seorang ibu pekerja, tapi asal dilakukan dengan tulus dan senang hati, pasti akan menambah dan meningkatkan kedekatan serta keakraban bagi anak.

Pada saat berinteraksi dengan anak,  tidak lupa untuk memeluk serta mencium serta memuji anaknya demi menambah keakraban.

Jadi sahabat deCODE, Hal apa saja nih yang sudah kalian lakukan dan berikan kepada ibu kalian?. Semoga keluarga kita selalu diberikan kesehatan serta panjang umur oleh sang pencipta.

Penulis: Ummi Sya’ada Editor: Adhera Wardani