Siapa yang tidak pernah mendengar istilah media sosial? Tentunya hampir semua dari kita mengetahui apa itu media sosial, bahkan mungkin menjadi pengguna media sosial. Seperti instagram, twitter, line, whatsapp, tiktok, youtube, dan masih banyak lainnya. Semakin berkembangnya teknologi digital, dan hadirnya media sosial di dunia, memudahkan kita melakukan banyak hal. Mulai dari membeli pakaian, membeli makanan, berjualan, berinteraksi jarak jauh, melihat hiburan, berbagi informasi, hingga mengekspresikan diri. Sudah tidak heran lagi bila media sosial selalu berkaitan dengan kehidupan manusia.

Karena memang media sosial sudah sangat melekat dengan diri kita, siapapun bisa mengakses media sosial, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Tetapi, dari banyak manfaat media sosial tersebut, tentunya media sosial juga memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Seperti sekarang ini, banyak yang salah menempatkan media sosial, yang seharusnya dapat mendekatkan yang jauh, malah menjadi sebaliknya. Pasti tidak sedikit dari kita yang ketika berkumpul dengan keluarga atau kerabat, bukannya berinteraksi, bersosialisasi, malah asik sendiri dengan media sosial. Padahal bangun tidur, mau makan, hingga mau tidur kembali pun pasti hal yang pertama banyak dari kita lakukan adalah cek media sosial.

Media sosial juga memberikan dampak ketergantungan bagi penggunanya, seperti tiada hari tanpa media sosial. Tidak hanya itu, banyak sekali para pengguna media sosial yang malah menjadi insecure karena media sosial. Dikutip dari doktersehat.com, “Insecure artinya perasaan kurang percaya diri. Keadaan ini membuat orang yang memiliki perasaan ini sulit membentuk hubungan yang langgeng atau sulit melakukan tugas sehari-hari, karena persepsi diri tentang ketidakberdayaan atau ketidakmampuan.”

Masih Insecure Karena Media Sosial? Yuk, Simak Artikel Ini
Source: theconversation.com

Bukan karena seseorang terlihat cantik atau tampan, cerdas, memiliki kulit bersih, tubuh indah, lalu tidak bisa insecure. Siapapun itu dapat merasakan insecure, karena pada dasarnya, tidak ada penyebab jelas mengenai insecure sendiri. Siapapun bisa saja merasa insecure, dan insecure dapat datang secara tiba-tiba dari mana saja. Penyanyi bernama Adyla Rafa Naura Ayu pun seringkali merasakan insecure, hingga ia menciptakan sebuah lagu berjudul ‘Dikelilingi Cinta’ yang berisi curhatannya mengenai dirinya yang sering mengalami insecure. “Aku bingung, aku suka ngerasa kurang aja gitu” ungkap Naura dalam Youtube Channel nya yang berjudul “Me and My Insecurities.”

Menurut Psikolog Patricia Vinny, perasaan insecure memang dapat disebabkan oleh penggunaan media sosial. Hal tersebut karena diri kita yang selalu merasa kurang, merasa tidak mampu, overthingking atau selalu berpikir negatif terhadap segala hal hingga membuat insecure, adanya pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan, pola asuh orang tua yang otoriter, juga pengalaman bullying.

Tidak hanya perempuan, pria pun dapat mengalami rasa tidak percaya diri. Insecure merupakanhal yang wajar terjadi pada setiap orang, tetapi jika mengalami terus-menerus tidaklah baik. Dikutip dari halodoc, “jika kondisi ini tidak segera diatasi, insecure sebabkan gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kepribadian batas ambang, mengalami gangguan kecemasan, alami paranoid, gangguan makan, dan masalah pada body image.”

Lalu, bagaimana cara mengatasi insecurities? Menurut psikoanalisis Jerman bernama Erich Fromm, manusia harus mampu menoleransi rasa tidak aman tersebut, salah satunya dengan menyugesti diri dengan pikiran yang positif, memberikan kata-kata positif seperti “saya bisa, saya mampu.” Selain itu, kita harus lebih bersyukur terhadap apa yang kita miliki, sadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, kita juga tidak boleh membandingkan diri dengan orang lain, atau berhenti membandingkan diri dengan orang lain, juga temukan kelebihan diri dan fokus pada kelebihan tersebut, terakhir kita harus healing beberapa saat dari media sosial.

Berikut, 10 deret lagu yang dapat membuat kalian lebih mencintai diri kalian:

  1. Little Things – One Direction
  2. Who Says – Selena Gomez
  3. Scars to Your Beautiful – Alessia Cara
  4. Love Myself – Hailee Steinfeld
  5. Dikelilingi Cinta – Naura Ayu
  6. Perfect Now – Louis Tomlinson
  7. Beautiful – Christina Aguilera
  8. Just the Way You Are – Bruno Mars
  9. Shake It Off – Taylor Swift
  10. All About That Bass – Meghan Trainor

Penulis : Intan Arta Namira