Halo sahabat deCODE! Bicara soal musik, Indonesia tidak kehabisan musisi-musisi yang turut meramaikan industri musik Indonesia. Larangan pemutaran lagu asing berbahasa Inggris pada tahun 1950an membuat musisi Indonesia pada saat itu membawakan lagu daerah yang diramu dengan irama khas Indonesia.

Jika kita mengingat lagu-lagu lama, kita akan menyebutnya dengan sebutan lagu lawas. Seperti halnya zaman, musik Indonesia juga turut berkembang dari masa ke masa. Berbagai hal memengaruhi warna musik yang digemari. Lagu lawas jika diaransemen ulang akan menghasilkan versi yang tak kalah menarik dari versi aslinya.

Jika kalian ingin bernostalgia lagu lawas dengan pembawaan musik yang kekinian, berikut rekomendasi lagu yang diaransemen ulang menjadi lebih kekinian versi deCODE yang pastinya makin easy listening.

1. Galih dan Ratna (https://youtu.be/5qBHFJRuiNQ)

Lagu Galih dan Ratna pertama kali rilis pada tahun 1979. Lagu tersebut kian populer lantaran menjadi soundtrack film berjudul Gita Cinta dari SMA yang diperankan oleh Rano Karno bersama Yessy Gusman. Lagu yang ditulis oleh Guruh Soekarno Putra pertama kali dinyanyikan oleh Almarhum Chrisye.

Pada tahun 2009, Band d’Cinnamons sempat mengaransemen ulang lagu ini dengan genre akustik yang soulfull. Enam tahun setelahnya, grup vokal GAC (Gamaliel Audrey Cantika) mengaransemen ulang lagu ini sebagai soundtrack dari film Galih dan Ratna yang juga merupakan remake film Gita Cinta dari SMA.

2. Panah Asmara (https://youtu.be/_k26hgS-50Y)

Lagu berjudul Panah Asmara pertama kali dipopulerkan oleh Almarhum Chrisye bersama dengan Tohpati sebagai penciptanya pada tahun 2004. Lagu tersebut masuk ke dalam album Chrisye yang bertajuk Senyawa.

Pada 2010, penyanyi solo Afgan Syahreza atau Afgan membawakan kembali lagu ini yang dibuat lebih upbeat saat dinyanyikan olehnya. Lagu ini kemudian masuk ke dalam album The One miliknya dibawah label Wanna B Music.

3. Aku Wanita (https://youtu.be/4m4SE8HqjVk)

Lagu Aku Wanita merupakan lagu yang ditulis Ahmad Dhani untuk penyanyi Reza Artamevia. Lagu ini menjadi single andalan Reza yang masuk ke dalam album Keabadian pada tahun 2000. Setiap lagu yang dinyanyikan Reza memiliki ciri khas tersendiri lantaran suara altonya yang mudah dikenali termasuk lagu Aku Wanita ini.

Bunga Citra Lestari atau yang kerap disapa BCL menjadi penyanyi wanita yang membawakan kembali lagu yang meroket berkat nama Reza Artamevia ini. BCL sendiri turut mengajak DJ kenamaan Indonesia, Dipha Barus untuk mengaransemen lagu Aku Wanita dan terbukti berhasil.

Hingga kini, lagu Aku Wanita tidak hanya melekat dengan Reza Artamevia, melainkan pada diri BCL juga. Lagu yang dibawakan versi BCL ini dirilis tahun 2017 dan masuk ke dalam album Its Me BCL.

4. 50 Tahun Lagi (https://youtu.be/uUsNx4dYD_8)

Lagu yang pertama kali dipopulerkan oleh grup vokal Warna dirilis pada tahun 2006. Lagu ini merupakan ciptaan Dewiq yang masuk ke dalam album Warna With Friends.

Pada 2010, lagu ini dibawakan kembali oleh Yuni Shara bersama Raffi Ahmad yang menjadi kekasihnya saat itu. Alhasil, lagu yang dibawakan mereka tidak kalah populer dengan versi penyanyi aslinya.

Terkadang, mendengarkan lagu lawas yang diaransemen ulang bisa membuat kita bernostalgia loh, seperti teringat momen-momen yang kita lalui saat lagu tersebut sedang hits pada masanya.

Itulah rekomendasi lagu yang diaransemen ulang versi deCODE yang pastinya makin easy listening. Jadi, lagu mana yang menjadi favorit kalian?

Penulis: Muhammad Faqih Erbara Editor: Muhammad Revanza