Tinder merupakan salah satu aplikasi kencan online untuk usia 17 tahun ke atas yang rilis pada 12 september 2012. Aplikasi ini cukup terkenal dikalangan anak muda guna mencari pasangan yang ideal dari berbagai negara. Kemudahan fitur yang diberikan membuat banyak pengguna menyalahgunakannya untuk melakukan berbagai aksi kriminal. Namun, banyak juga dari mereka yang berhasil menemukan pasangan ideal yang berujung ke pernikahan.

The Tinder Swindler

Film The Tinder Swindler yang rilis di Netflix pada 2 Februari 2022, ceritanya mengangkat kasus penipuan ulung seorang Simon Leviev. Film yang diangkat dari kisah nyata ini berdurasi 1 jam 54 menit dan berhasil dikenal seluruh warga dari berbagai belahan dunia. The Tinder Swindler menempati urutan dua dari nominasi film top 10 di Indonesia.

Film berbentuk dokumenter ini mengungkapkan aksi penipuan Simon Leviev dari sudut pandang korban, yaitu Cecilie, Pernilla, dan Ayleen. Para korban menceritakan kronologi dari aksi yang dilakukan Simon dan diperkuat dengan bukti-bukti hasil dokumentasi kejadian.

Berkat Film "The Tinder Swindler" Simon Leviev Resmi Diblokir Tinder
Sumber foto: geektyrant.com

Dengan menawarkan kehidupan yang mewah dan menjanjikan hal-hal manis pada korban, Simon Leviev berhasil meraup jutaan dolar. Rayuan dan kebohongannya berhasil membuat korban nekat meminjam uang di berbagai bank. Kini para korban terlilit utang dari aksi penipuan yang dilakukan Simon Leviev. Namun, tenang saja! Simon Leviev telah resmi diblokir dari Tinder.

Baca Juga: Ini Alasan Serial All of Us Are Dead Dianggap Mirip dengan Tragedi Kapal Dewol

Saat ini Simon Leviev telah bebas, sebelumnya dia dipenjara di Finlandia. Masih dengan kehidupan mewah dan juga wanita baru bernama Kate Konlin. Dikabakan Simon telah melamar Kate yang merupakan model cantik asal Israel. 

Yuk! mulai berhati-hati lagi dalam menggunakan aplikasi berbasis internet. Jangan mudah percaya apa yang ditampilkan pada sosial media dan jangan mudah baper dari rayuan orang asing ya sahabat deCODE. Buat kalian yang penasaran dengan film The Tinder Swindler, kalian bisa saksikan di netflix!

Penulis: Wifda Mufti Karima Editor: Siti Masitoh