Halo, sahabat deCODE! Memanfaatkan waktu dengan baik tidak kalah penting loh! Sebab waktu merupakan salah satu sumber daya yang paling berharga dan juga musuh terbesar bagi manusia. Kita semua memiliki waktu 24 jam sehari dan ada baiknya jika kita memanfaatkan waktu dengan baik untuk mencapai hal-hal besar demi diri sendiri.

Lihat cara berikut untuk memanfaatkan waktu dengan baik!

Gunakan Jam Produktivitas dengan baik

Menggunakan jam dengan tingkat produktivitas akan membantu kamu memanfaatkan waktu dengan baik. Kita memiliki waktu setiap saat ketika kita merasa sangat tajam. Pada tingkat produktivitas kita, menjadwalkan adalah hal terpenting karena akan menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien selama periode ini. Sebagian orang, saat mereka berada pada tingkat produktivitas, puncaknya yaitu di pagi hari. Sedangkan bagi yang lain, sekitar tengah hari. Apapun waktu kamu, pastikan kamu memanfaatkannya dengan baik.

Alokasi Waktu yang Diperlukan untuk Setiap Tugas

Jangan hanya membuang waktu untuk melakukan tugas tertentu. Itu cara yang buruk untuk menggunakan waktu kamu. Waktu seharusnya sangat berharga bagi kamu. Jadi, disarankan, kamu mengalokasikan waktu untuk setiap tugas. Jika yakin tugas tertentu tidak akan memakan waktu lebih dari 20 menit, alokasikan misalnya 30 menit untuk tugas itu dan pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan sebelum 30 menit.

Belajar Prioritas

Tidak semuanya bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Jadi, kamu harus belajar memprioritaskan jika memang benar-benar serius memanfaatkan waktu dengan baik. Apa yang harus dilakukan sekarang harus dilakukan sekarang dan pastikan kamu mulai dengan yang paling penting. Buat tanggal target untuk mencapai tujuan kamu.

Fokus

Fokus diperlukan jika kamu ingin memanfaatkan waktu dengan baik. Masalah yang banyak dari kita miliki adalah kurangnya fokus dengan memanfaatkan waktu dengan baik. Pilih hanya beberapa hal per-jam untuk dilakukan dan fokuslah pada hal itu. Kamu tidak bisa menyelesaikan semuanya sekaligus, jadi pastikan kamu membagi pekerjaan kamu menjadi bagian-bagian kecil dan fokus untuk menyelesaikannya sangat penting.

Menyibukan Diri dengan Mengisi Waktu Kosong

Ketika kamu tidak menikmati apa yang kamu lakukan, kamu mengambil lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas. Menyibukan apa yang kamu lakukan akan membuat kamu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Ketika kamu menyukai apa yang kamu lakukan, kamu akan merasa termotivasi, produktif, dan jauh lebih bahagia untuk melakukannya.

Penulis: Bintang Bellatrix Editor: Alfira Nanda