Hallo, sahabat deCODE! Selamat tahun baru! Bagaimana kabar kalian di awal tahun 2022 ini? Semoga kabar kalian selalu baik dan dihindari dari penyakit yang kita tidak inginkan ya! Aamin. Awal tahun ini pastinya ada pemikiran untuk merubah hidup lebih baik dan memikirkan yang lebih baik.  Aku ada beberapa tips untuk kalian, supaya dapat melakukan hal-hal yang baik dan pastinya perlahan bisa merubah kita menjadi lebih baik dan mencapai apa yang kita mau. Tidak ada kata telat untuk merubah hidup menjadi lebih baik, Yuk langsung saja simak artikel di bawah ini.

1. Berpikir Positif

Ilustrasi berpikir positif
Sumber Foto : lifestyle.kompas.com

Berpikir positif adalah kunci dari bagaimana kita memandang masalah yang datang pada kehidupan, dan bagaimana juga kita bisa mengelola dan menjalani kehidupan. Banyaknya manfaat saat kita berpikir positif, seperti memberi pengaruh baik untuk keadaan psikologis, menciptakan kepribadian yang tangguh, menurunkan rasa cemas, lebih bijak mengambil keputusan yang baik dan buruk, dan memperkuat imun tubuh.

Berpikir positif dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa teknik yang terbukti efektif untuk menumbuhkan pola pikir yang positif. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengubah cara pandang hidup.
  2. Selalu Bersyukur pada setiap kesempatan yang sudah diberikan dan dilewati.
  3. Melihat sesuatu masalah dari sisi baiknya.
  4. Selalu optimis dengan apa yang sedang dikerjakan.
  5. Berbuat baik kepada semua orang dengan ikhlas.
  6. Tidak dramatis dalam mengatasi masalah.
  7. Bersikap tenang dan buang pikiran negatif.

2. Membuat Goals untuk Mencapai Impian

Siapkah untuk Membuat Perbedaan di Dunia?
Sumber foto : viva.co.id

Impian memang terkadang sulit untuk dicapai. Terkadang maju mundur, tetapi mulai sekarang kita harus berpikir semangat bahwa mimpi yang kita impikan bisa menjadi kenyataan. Kamu percaya pada impian akan tercapai dengan mengetahui apa yang yang kamu inginkan, kamu perlu mengambil tindakan, dan mulai menetapkan tujuan. Jangan panjang, menengah, dan tujuan jangka pendek dengan membuat  “ to do list “ setiap hari untuk hidup lebih tertata.

3. Jangan Menunda-nunda dalam Mengerjakan Sesuatu

Sumber Foto : idntimes.com

Terkadang kita menunda pekerjaan sesuatu yang dianggap sepele, padahal menunda adalah musuh utama seseorang dalam mengerjakan tanggung jawabnya. Dengan menunda sesuatu pekerjaan akan membuat pekerjaan semakin banyak dan tidak tertata bahkan hingga menyebabkan kita melupakan pekerjaan yang penting lainnya.  Ingatlah bahwa menunda hanya akan menambah deritamu. Mau tidak mau kamu harus merubah diri dengan cara niat, mengurangi hal-hal yang membuat menunda (sosial media), dan kasih diri kalian dengan self-reward sebagai apresiasi.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Ilustrasi pria
Sumber Foto : kompas.com

Zona nyama adalah suatu keadaan di mana kita merasa aman, nyaman, dan rileks dengan apa yang telah kita miliki bahkan bisa menghilangkan rasa stres. Namun kenyamanan ini akan menyebabkan kerusakan dalam hidup dengan resiko malas, takut mencoba hal baru, kecemasan yang berlebih, mental yang lemah, dan tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat. Risiko-risiko tersebut berbahaya untuk mencapai cita-cita dan mimpi kita. Karena itu, penting untuk mengetahui cara-cara yang dapat dicapai yang dapat kita tantang dan meninggalkan zona nyaman. Conthnya sebagai berikut:

  1. Kuatkan niat untuk keluar dari zona nyaman.
  2. Temukan tantangan baru.
  3. Berani mencoba hal baru.
  4. Temukan komunitas kecil untuk hobimu.
  5. Hilangkan delusi dan ketakutan.
  6. Pikirkan tentang mengapa kita ingin melakukan perubahan ini.

Itu dia tips dari kami. Hal yang perlu diketahui semua akan berjalan dengan kendali tanggung jawab diri kita sendiri. Seberapa niat kalian untuk berubah menjadi lebih baik dari tahun-tahun kemarin. Jangan terus menerus melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat dan mengambil keputusan salah yang akan membuat kamu akan menyesal pada kemudian hari. Terus semangat dan maju untuk berubah jadi lebih baik!

Baca juga:

Kunjungi Tempat Kekinian Bareng Orang Tersayang, Yuk!

Jangan Sampai Ketinggalan! Rekomendasi Webinar 4 Desember 2021!

4 Soundtrack Drama Korea yang Masih Populer!

Mengenal Inspigo Lebih Dekat

Penulis: Najwa Rengganis Editor: Bagus Raffiyanda Yuwono