Halo sahabat deCode! Siapa yang suka banget minum kopi? Sekarang kopi sudah menjadi minuman favorit banyak orang iho! Aroma special dari kopi menjadi ciri khas yang membuat kopi banyak diminati banyak kalangan. Di Asia sendiri, Vietnam merupakan salah satu Negara yang populer olahan kopinya dan menjadi Negara eksportir kopi terbesar kedua di dunia. Kopi Vietnam hanya kalah dengan negara eksportir kopi terbesar di dunia, yakni Brazil. Tak hanya sebagai selera masyarakat Vietnam, keunikan dan cita rasa kopi dari Negara tersebut juga menarik perhatian para turis yang berkunjung kesana. Berikut beberapa olahan kopi khas Vietnam, Simak yuk artikel dibawah!

Vietnamese Coffee

Yang Pertama ada, Vietnamese coffee adalah kopi yang sangat kuat dan manis, yang pasti akan membuat kalian bersemangat untuk hari itu. Kopi panggang gelap dan susu kental yang kuat, perlahan-lahan menetes melalui filter logam (phin) menjadikannya kopi yang unik. Pada umumnya es kopi Vietnam sama dengan es kopi biasa menggunakan campuran susu kental manis dan es. Secara tradisional, minuman ini dibuat dari kopi Robusta. Selanjutnya, cara membuat adalah seduh kopi dengan pin filter, tuang ke dalam cangkir, tambahkan es batu dan susu kental manis. Jenis susu yang digunakan di Vietnam adalah ca phe sua da.

Coconut Coffee

Yang kedua ada, coconut coffee atau kopi yang terbuat dari campuran kopi kelapa atau  santan ini merupakan salah satu seduhan kopi yang unik dan nikmat dari Vietnam. Kopi ini disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan harum. Mau dinikmati dingin atau hangat, keduanya sama lezatnya, tergantung selera Kalian! Tapi ada pilihan lain jika ingin membuat resep ini vegan, ganti saja susu kental dengan santan kental. Ini memiliki rasa yang mirip sudah menggunakan krim kelapa, sahabat deCode bisa dapat kebaikan ekstra kelapa dalam minuman ini!

Egg Coffee

Yang ketiga ada, Egg coffee atau kopi telur terdiri dari campuran kopi hitam dan kuning telur serta susu kental manis. Minuman ini ditemukan pada tahun 1950-an oleh seorang barista bernama Nguyen Van Giang yang bekerja di Sofitel Hotel di Hanoi.  Pada saat itu, ia memutuskan untuk makan telur karena ia kekurangan susu. Hingga saat ini, kopi telur masih populer, dan bisnis Nguyen Van Giang dijalankan oleh putranya yang berada di Giang Cafe di Hanoi.

Coffee Smoothie

Pilihan olahan yang terakhir ini cocok untuk sahabat deCode yang tidak terlalu suka dengan aroma dan rasa coffee yang terlalu pekat, coffee smoothie ini boleh kalian coba! Coffee smoothie yang dalam bahasa Vietnam disebut Phe shinh to adalah kopi yang diberi campuran buah-buahan. Biasanya buah yang digunakan adalah alpukat, pisang, hingga timun. Takaran kopi yang digunakan sangat sedikit, jadi rasa dan aromanya tidak terlalu kuat, lebih dominan dari rasa buah.

Diatas beberapa rekomendasi olahan kopi Vietnam, apa kalian tertarik untuk mencoba? Jika kalian pergi ke Vietnam jangan lupa untuk mencoba ya!

Penulis: Davina Raffalia Editor: Ummi Syaada