deCODE

Cara Menjaga Kesehatan Pada Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung dari tahun 2020 sudah mengancam banyak kesehatan dan nyawa masyarakat. Virus Covid-19 ini menyerang sepanjang saluran pernapasan mulai dari rongga hidung, mulut, dan sampai ke gelembung-gelembung akhir paru. Virus Covid-19 sangat mudah tertular dari satu individu ke individu lain. Ditularkannya virus ini melalui kontak erat melalui mulut dan hidung, permukaan benda yang terkontaminasi, ruangan dengan ventilasi buruk atau ruangan terlalu tertutup, tempat yang ramai, dan melalui droplet. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan kita secara mental dan fisik. Berikut ada tips untuk menjaga kesehatan selama pandemi. Yuk simak!

  1. Makan Makanan yang Sehat

Menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi buah, sayur, lemak sehat, dan mencukupi protein harian. Kita juga harus mengurangi junk food dan membeli makanan lewat delivery. Makanan siap saji dan makanan instan memang menggoda. Namun, di waktu seperti ini ada baiknya jika perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dengan sayur dan buah-buahan dan vitamin.

Hal ini penting, sebab, nutrisi seperti vitamin yang terkandung di dalam sayur dan buah dapat membuat tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Di samping itu, usahakan untuk makan secara teratur dan tidak melewatkan jam makan apalagi sarapan.

2. Olahraga yang Teratur

Selain makanan bergizi, berolahraga juga perlu untuk menambah daya tahan tubuh dan juga tetap sehat selama masa pandemi. Olahraga seperti jogging, senam dan bersepeda sangat cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga dapat menjaga kesehatan kita secara fisik maupun psikologis. Dengan berolahraga, kita bisa menjadi lebih semangat untuk beraktivitas.

3. Hindari Begadang

Organ dalam tubuh kita mempunyai jam kerja masing-masing dan mempunyai jam istirahat juga. Alangkah baiknya jika kita menghindari begadang agar tidur kita cukup. Tubuh yang mendapatkan istirahat yang cukup akan menjaga sistem kekebalan tubuh dan meminimalisir rasa stress.

4. Mengobrol dengan orang tersayang

Selain menjaga tubuh kita dari virus Covid-19, kita juga harus menjaga kesehatan mental kita yang pastinya kaget akan pandemi ini. Caranya bisa mengkbrol dengan orang yang tersayang untuk stay sane. Mengobrol dengan orang yang kita sayang tentunya akan membuat kita senang dan kunci menjaga kesehatan imun tubuh juga tidak selalu dari luar saja. Namun, psikis juga harus baik.

5. Konsumsi vitamin

Vitamin adalah senyawa organik yang banyak terdapat dalam sayur dan buah yang kita konsumsi. Vitamindan mineral diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kinerja organ tubuh kita sehari-hari. Tanpa asupan vitamin dan mineral yang cukup, kita dapat mengalami gejala fisik. Vitamin C berfungsi sebagai penambah sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Ferrel+Sahlah+Anfasyah”]Penulis: Ferrel Sahlah Anfasyah[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Khaerunnisa+Alfitri”]Editor: Khaerunnisa Alfitri[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *