Halo sahabat deCODE! Gimana nih kabarnya, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya sahabat deCODE. Sahabat deCODE tau gak nih kalau baru-baru ini Ed Sheeran digugat oleh Sami Switch dan produser Ross O’Donoghue karena diduga meniru penggalan lirik dari lagu “Oh Why”. Penasaran? Simak terus artikel dibawah ini ya!

Penulis lagu Ross O’Donoghue dan Sami Chokri, artis yang tampil dengan nama Sami Switch, mengklaim single No. 1 Ed Sheeran di tahun 2017, Shape of You melanggar beberapa baris dan frasa tertentu dari lagu 2015 mereka yang berjudul Oh Why.

Namun, Ed Sheeran membantah tuduhan bahwa dia memotong bagian dari lagu “Oh Why”  milik Sami Chokri alias Sami Switch dan produser Ross O’Donoghue untuk dimasukkan ke dalam lagu miliknya yang berjudul Shape of You. Ed Sheeran muncul di pengadilan untuk membela lagu hits nya terhadap klaim oleh penulis lagu Ross O’Donoghue dan Sami Chokri dengan lagu Oh Why.

Penyanyi kelahiran 17 Februari 1991 ini juga memberikan bukti dalam persidangan hak cipta di Pengadilan Tinggi London pada Senin, 7 Maret 2022 waktu setempat. Saat diinterogasi oleh pengacara Sami Switch dan Ross O’Donoghue, Andrew Sutcliffe, Ed Sheeran mengatakan tidak mengenal pemilik lagu Oh Why itu. Ed Sheeran mengaku tidak mengenal Sami Switch dan belum pernah mendengar lagunya.

“Saya telah membangun karier yang panjang dan sangat sukses dengan menulis lagu-lagu orisinil untuk diri saya sendiri dan artis ternama lainnya,” kata Ed Sheeran. “Saya tidak akan mencapai kesuksesan itu jika saya memiliki kebiasaan menjiplak karya orang lain.”

Namun, Sutcliffe yakin Ed Sheeran mengetahui Sam Switch karena mereka berdua pernah muncul di SBTV, platform musik online Inggris. Menurut Sutcliffe, Ed Sheeran bahkan meneriakkan nama Sam Switch di Reading Festival pada 2011 setelah diminta oleh sahabatnya, Jamal Edwards.

Nah, itu dia cerita menarik mengenai Ed Sheeran yang diduga meniru karya orang lain. Semoga masalah ini cepat terselesaikan dengan cara damai ya sahabat deCODE.

Baca Juga: Laut Bercerita, Tidak Ada Kepastian Dalam Meninggalkan

Penulis: Salsa Danisaskiya Editor: Muhammad Faqih Erbara