Hallo Sobat deCODE!! Apa kabar semoga sehat selalu yaa! Pada weekend kali ini, aku mau merekomendasikan pulau yang dikelilingi pantai yang indah banget pastinya untuk memanjakan mata kalian.

Pulau Pagang atau yang biasa dikenal dengan Pagang Island merupakan salah satu objek wisata yang sedang populer di Sumatera Barat. Pulau ini terletak di tengah laut sebelah barat Pulau Sumatera, tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan luas 10 hektar.

Apa sih yang menarik dari pulau ini? Pulau ini dikelilingi pantai indah nan menawan yang tentunya memanjakan mata dan panorama landscape dari hijaunya perbukitan Pulau Sumatera. Pasir putih nan indah terpajang di hamparan pulau ini. Tak hanya itu, birunya air laut yang jernih berpadu dengan keindahan lainnya.

Pulau ini masih terbilang lestari. Hal ini dibuktikan dengan keindahan biota laut yang masih sangat terjaga. Bermacam-macam anemon laut yang dihiasi terumbu karang tentunya menjadi daya tarik tersendiri, khususnya yang memiliki hobi snorkeling.

Kamu harus mencoba pengalaman snorkeling di pulau ini, setidaknya sekali seumur hidup. Air pantai yang masih jernih dan terumbu karang yang memikat, tak akan membuang uang kamu secara percuma. Tentunya jika kamu masih pemula dalam hal ini, banyak pemandu yang akan menemani dan mengajari kamu sampai bisa.

Cara Menuju ke Lokasi

Ada dua cara untuk bisa sampai ke pulau ini. Pertama, kamu bisa naik angkot dari Kota Padang menuju Pelabuhan Muaro. lalu, menyewa perahu motor dan menempuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Pulau Pagang.
Kedua, kamu bisa naik ojek atau angkutan umum ke Pelabuhan Bungus dan menuju Losmen. Losmen ini sendiri terletak selepas Pantai Caroline. Lalu menumpang dengan kapal berukuran kecil. Jadwal keberangkatan dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Untuk kamu yang suka travelling sendiri, kali ini lebih baik ramai-ramai. Karena tarif yang cukup mahal untuk menyewa satu kapal kecil, sekitar Rp 1 juta. Maka semakin banyak orang yang ikut maka akan semakin sedikit uang yang kamu keluarkan. Keahlian tawar menawar juga diperlukan untuk bisa mendapatkan tarif kapal yang sesuai dengan budget.

Untuk yang tidak mau ribet, sudah banyak agen wisata yang menyediakan paket tur keliling Pulau Pagang. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp250.000 per orang. Paket wisata ini juga menyediakan tour privat untuk 2-4 orang dengan harga Rp1.500.000 yang sudah mencakup tiket pulang pergi, tiket masuk pulau, pelampung, alat snorkeling, dan makan siang. Untuk masuk pulau ini kamu butuh menyiapkan uang sekitar Rp35.000.

Penulis: Rayyan Ramadhan Rais Editor: Khaerunnisa Alfitri