Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni (DKA) UAI, UKKM KARISMA, dan JQH UAI bekerjasama mengadakan rangkaian talkshow bertajuk Gebyar Ramadhan UAI 2022. Pada hari Sabtu (16/04/2022) rangkaian kegiatan ditutup dengan talkshow sesi 2 bertemakan “Menjadi Sebaik-baiknya Manusia dalam Bersosial Media”.

Acara ini dibawakan oleh Silma Zarkasih, mahasiswi Prodi Bimbingan Konseling Islam, sebagai MC. Sebelum memasuki materi, acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13 yang dibacakan oleh Asep Hidayat, mahasiswa Prodi Psikologi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Iin Suryaningsih, M.A. selaku Direktur DKA UAI. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan harapan dan apresiasinya kepada para pembicara, panitia, dan peserta.

Memasuki acara inti, Muhammad Afiffudin memoderatori talkshow dengan Muhammad Azzam Muhtadi, S.Sos. sebagai narasumber. Azzam adalah alumni Bimbingan Konseling Islam yang lulus pada tahun 2019 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini dirinya merupakan Pengajar Qur’an Santri Senior di Rumah Tahfidz Zaid bin Tsabit.

Sumber: Reporter deCODE

Pemaparan materi dari Azzam menjabarkan sembilan konsep manusia terbaik. Pertama, orang yang belajar mengenai Al-Qur’an dan mengajarkannya. Kedua, orang yang berusia panjang dan menjaga sikap dan sifatnya dengan sebaik-baiknya.  Ketiga, orang yang paling besar manfaatnya. Keempat, orang yang paling baik dalam melunasi hutangnya. Kelima, orang yang paling bagus akhlaknya. Keenam, orang yang paling baik terhadap keluarganya. Ketujuh, orang yang paling baik terhadap pasangannya. Kedelapan, orang yang memberikan makanan dan menjawab salam. Terakhir, Orang yang sekitarnya mengharapkan kebaikannya dan terjaga dari keburukannya.

Kesembilan konsep tersebut kemudian dikaitkan ke dalam bermedia sosial. Dari konsep-konsep tersebut, Azzam menyampaikan lima poin utama sebagai etika bermedia sosial. Kelima etika tersebut adalah bertabayun, menjauhi prasangka, menyampaikan informasi dengan benar, mengajak kebaikan-mencegah kemungkaran, dan tidak mengolok orang lain.

Setelah selesai pemaparan materi yang disampaikan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan moderator dan peserta. Azzam juga sempat membagikan beberapa pengalamannya ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan kepada peserta acara webinar tersebut.

Penulis: Ferdy Arrahman Editor: Bintang Bellatrix