April 19, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

2 min read
pinterest

Halo sahabat deCODE! Sebagai manusia, tentu saja kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan, bukan hanya secara fisik saja tetapi juga secara mental. Namun, sahabat deCODE tau gak nih kesehatan mental itu apa sih? Simak artikel di bawah ini ya!

Kesehatan mental adalah kondisi atau keadaan batin kita sebagai manusia yang meliputi emosional, fisik, dan kesejahteraan sosial. Kesehatan mental berpengaruh kepada kesejahteraan hidup karena kesehatan mental kita menentukan cara kita berpikir dan bertindak.

Manfaat dari kesehatan secara mental antara lain membantu kita untuk memandang suatu hal secara positif dan juga merupakan kunci dari kesehatan fisik yang baik. Selain itu, kesehatan mental dapat mengetahui kelemahan serta kemampuan dalam diri dan membantu meningkatkan kemampuan yang ada dalam diri kita.

Gimana sih cara mempunyai kesehatan mental yang baik? Simak cara berikut ya, sahabat deCODE!

Cara memiliki kesehatan mental yang baik bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti

  1. Menghargai diri sendiri
    Kita sebagai manusia harus menghargai diri sendiri sebagai bentuk kasih sayang karena sudah bertahan selama ini. Berikanlah kata-kata positif pada diri sendiri dan validasi apa pun perasaan yang sedang kamu rasakan.
  2. Menjaga hubungan baik dengan teman dan keluarga
    Komunikasi dan saling memahami adalah kunci dari hubungan yang baik. Hubungan yang baik akan membawa kita pada kebahagiaan.
  3. Istirahat yang cukup
    Beristirahat sangat penting untuk kesehatan mental maupun fisik. Istirahat yang kurang akan berpengaruh pada maksimal/tidaknya kegiatan sehari-hari dan akan berpengaruh pada kelelahan yang mengakibatkan emosi tidak stabil.
  4. Membantu orang lain
    Melakukan kegiatan yang berguna untuk orang lain dapat membantu kita untuk menyadari bahwa kita berguna dalam hidup.
  5. Olahraga
    Berolahraga dapat membantu kita untuk menenangkan pikiran dan menghindari stress.

Hal-hal tersebut dapat membantu kita untuk menjalankan hidup yang lebih nyaman dan tentram. Kesehatan mental yang baik akan membawa kita pada pikiran yang terbuka dan semangat untuk menjalani aktivitas harian.

Sahabat deCODE, kita harus aware lho dengan kesehatan mental. Kesehatan mental yang buruk membuat kita selalu berpikir negatif, tidak peduli dengan diri sendiri maupun orang lain, stress, depresi, badan yang tidak sehat, dan sebagainya.

Itu dia beberapa kebiasaan baik yang bisa sahabat deCODE lakukan demi menjaga kesehatan mental kalian. Untuk itu, ayo lebih peduli terhadap kesehatan mentalmu!

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Ferrel+Sahlah”]Penulis: Ferrel Sahlah[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Faqih+Erbara”]Editor: Faqih Erbara[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.