June 15, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Pola Asuh Orang Tua di 4 Negara yang Bisa Dijadikan Inspirasi

2 min read

Sumber: bridestory.com

Orang tua memiliki peran penting untuk tumbuh kembang anak karena merupakan sekolah pertama dalam pembentukan karakter dan pendidikan anak. Orang tua harus membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan agar dapat mengasuh dan mendidik anak secara tepat. Pola pengasuhan anak akan selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, orang tua perlu menggali informasi dan adaptif terhadap perubahan tersebut.

Kali ini deCODE akan membahas tentang pola asuh di 4 negara yang bisa dijadikan inspirasi untuk para orang tua. Yuk, simak dibawah ini!

1. Swedia

Swedia adalah negara pertama di dunia yang melarang semua bentuk hukuman fisik sejak tahun 1979. Saat ini, bentuk hukuman fisik apa pun adalah konsep asing bagi orang tua di Swedia dalam mendidik anak. Semua orang berhak mendapatkan perlindungan yang sama dari kekerasan, karena hal itu akan menimbulkan trauma berkepanjangan. Maka dari itu, hukuman fisik sangat diharamkan di Swedia.

2. Jepang

Ketika dibelahan dunia lain, anak-anak diajarkan untuk fokus pada pelajaran akademik, di Jepang malah sebaliknya. Keluarga dan sekolah dasar lebih memusatkan pada pelajaran tata krama, nilai-nilai kebaikan dan kedisiplinan, dari sinilah pembangunan karakter dimulai. Anak-anak di Jepang diajarkan mandiri sedini mungkin, mereka tidak pernah diantar oleh orang tuanya saat ke sekolah. Biasanya mereka pergi ke sekolah dengan jalan kaki, naik sepeda, atau kendaraan umum seperti bus dan kereta.

3. Korea Selatan

Di korea Selatan, anak-anak diajarkan mengenai etika di meja makan. Dalam budaya ini, anak diajarkan bahwa makanan lebih enak dinikmati jika makan bersama di meja makan. Tujuannya adalah untuk membangun sikap sabar dan sopan santun. Mereka juga diajarkan untuk menunggu sebelum orang tua menyantap makanan dan selalu mengucapkan terima kasih atas makanan yang didapat.

4. China

Orang tua di China mengajarkan anak menggunakan toilet sejak bayi. Biasanya para orang tua disana mulai melatih anak mereka sejak umur 1 tahun, ketika mereka sudah mulai bisa berjalan. Hampir seluruh orang tua di China tidak menggunakan popok untuk anaknya, karena masalah lingkungan. Orang tua disana mengganti popok dengan celana yang memudahkan untuk buang air.

Itu dia pola asuh di 4 negara yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga bermanfaat!

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Nadila+Natasya”]Penulis: Nadila Natasya [/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Wifda+Mufti+Karima”]Editor: Wifda Mufti Karima[/tw-button]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.