Menikmati secangkir kopi, mungkin menjadi kebiasaan beberapa masyarakat Indonesia. Bahkan, tak banyak juga menjadikannya suatu kebutuhan yang harus terpenuhi, tak hanya di Indonesia saja bahkan masyarakat luar negeri pun juga memiliki kebiasaan yang sama. Hal ini, menjadikan suatu peluang yang sangat menjanjikan industri perkopian dengan merajalelanya coffee shop, mulai dari warung kopi hingga coffee shop.

Akan tetapi, taukah kalian kalau ada waktu-waktu terbaik untuk menikmati secangkir si hitam? Memang belum banyak orang mengetahui hal ini. Kalau kalian menanyakan ‘kapan waktu terbaik minum kopi?’ kepada para pecinta kopi, tentu mereka pasti menjawab kapan saja bisa menikmati kopi. Namun, dari segi kesehatan, ada waktu-waktu terbaik dalam minum kopi, berikut ulasannya.

Pagi hari

Sudah menjadi kebiasaan umum menikmati secangkir kopi pada pagi hari. Menurut kesehatan, pukul 09.30 sampai pukul 11.30 pagi merupakan waktu yang sangat tepat untuk menikmati kopi. Hal ini dikarenakan hormon kortisol kita sedang rendah, dan tinggi pada pukul 08.00 sampai pukul 09.00 pagi. Sangat mebantu kita saat beraktivitas.

Sebelum Olahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang, bahkan atlet minum kopi sebelum berolahraga. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kopi memberikan efek seperti, tendangan semangat dalam melakukan aktivitas olahraga dan menambah stamina.

Saat siang hari

Kopi pada siang hari atau yang kita kenal dengan istilah coffee break, sangatlah berguna. Alasannya karena pada siang hari, setelah perut terisi, lalu mengakibatkan rasa kantuk dan malas, kopi bisa menjadi solusinya. Kandungan kafein dalam kopilah yang dapat menumpas rasa kantuk dan malas tersebut.

Saat sakit kepala

Dalam obat penghilang nyeri, terdapat kandungan kafein. Menurut penilitian kesehatan, mereka yang mengalami sakit kepala atau migrain merasa sangat terbantu saat mereka meneguk kopi. Dengan kata lain, kopi bisa dijadikan option lain sebagai obat sakit kepala.

Sekian, ulasan singkat megenai waktu yang tepat untuk menikmati kopi. Semoga bermanfaat ya, guys!

Reporter: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Nadhira Aliya