Sebagai mahasiswa, mempersiapkan diri untuk melamar kerja setelah lulus kuliah menjadi hal penting yang harus dilakukan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar diri kita siap dan dinilai pantas untuk dijadikan pekerja di perusahaan tersebut. Salah satunya ialah pada saat sesi interview.

Pada saat sesi interview ini, ada satu pertanyaan yang pasti akan selalu diberikan oleh pihak perusahaan, pertanyaan sederhana, tetapi cukup krusial bila kita tidak menjawabnya, yaitu ketika ditanya “Apakah ada pertanyaan yang ingin disampaikan?”

Ternyata pertanyaan sederhana ini memiliki penilaian sendiri di mata perusahaan. Sangat disayangkan bila kita menjawab tidak saat diajukan pertanyaan di atas, karena bisa mengesankan bahwa kita kurang siap dan kurang kepo dengan kantor atau pekerjaan yang sedang kita lamar. Sebagaimana paham pun, kita tentang kantor atau pekerjaan tersebut.

Jangan sampai menjawab tidak, jika kita diberi kesempatan untuk bertanya. Tanya apa saja. Kepo sebanyak-banyaknya. Agar kita juga terlihat tertarik kepada kantor dan pekerjaan itu. Ada beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu tanyakan kepada perusahaan, seperti berikut.

  1. Tanyakan lebih jelas tentang peran pekerjaan yang ingin kamu ambil
  2. Tanyakan lebih jelas tentang kantor atau perusahaan tersebut
  3. Tanyakan tentang sistem kerja perusahaan tersebut
  4. Tanyakan tentang projek-projek mendatang, ini dapat memberi kesan bahwa kita tertarik dengan projek yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebut.
  5. Tanyakan tentang kerjasama yang dilakukan perusahaan tersebut, dan hal lainnya yang berkaitan dengan perkembangan perusahaan tersebut.

Masih banyak hal lain yang bisa kita tanyakan. Intinya, usahakan untuk menjawab ya dan mulai bertanya ketika diberi kesempatan untuk bertanya. Karena itu semua bisa menjadi nilai tambah dan membuktikan bahwa kita memiliki ketertarikan yang besar terhadap perusahaan tersebut.

Tentu tidak hanya ketika sedang sesi interview kita harus banyak bertanya, saat di kelas pun kita harus banyak-banyak bertanya. Bertanya membuat kita tidak hanya tahu hal-hal apa saja yang dosen sampaikan, tapi juga apa yang masih kita pertanyakan dalam diri sendiri dan masih kurang dimengerti. Jangan malu bertanya ya sahabat deCODE! Seperti pepatah dibawah ini, mari kita budayakan bertanya. Anywhere and anytime!

Malu Bertanya Sesat Dijalan!

Reporter: Sasya Semitari P | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana