“Coffee For Unity”

ICE is back! Acara event kopi tahunan kembali digelar. Indonesia Coffee Events 2018 kembali menyapa para pecinta kopi atau bagi kalian yang baru ingin menjelajahi dunia kopi inilah waktunya. For Your Information guys, ICE adalah sebuah kompetisi kopi nasional tahunan untuk mengangkat potensi kopi lokal, dari petani hingga barista sehingga muncul inovasi-inovasi baru yang dapat lebih mengangkat industri kopi di nusantara.

Tak hanya kompetisi saja yang diadakan, buat kalian yang ingin mencicipi kopi dari berbagai macam Coffee Shop pun tentu akan sangat dimanjakan di berbagai booth kedai yang berada di Coffee Village.

Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 yang deCODE liput kali ini terletak di Kuningan City Mall, Jakarta 8-11 Febuari yang dimana menjadi kompetisi di region barat, yang region timur telah diadakan di Surabaya. Acaranya pun sangat meriah dimana para barista unjuk kebolehan demi memikat para juri, para barista disini sangat banyak yang mengikuti lomba. ICE 2018 memiliki 4 gelaran kompetisi besar yaitu: Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018, Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018, Indonesia Barista Championship (IBC) 2018, dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2018.

Yang nantinya para pemenang  IBC akan dikirim sebagai delegasi Indonesia di ajang World Barista Championship (WBC) di Amsterdam, pemenang IBrC akan dikirim ke ajang  World Brewers Cup Championship (WBrC), pemenang ICTC akan dikirim ke ajang World Cup Tasters Championship (WCTC) di Dubai, dan pemenang ILAC akan dikirim ke ajang World Latte Art Championship (WLAC) yang akan diselenggarakan di Brazil.

Indonesia Coffee Events 2018 kali ini mengusung tema Coffee For Unity yang dimana dengan kopi bisa menyatukan segala unsur golongan, bahkan dari kopi pun kita dapat bersahabat dengan orang baru. Jadi opini saya dengan kopi kita bisa meraup banyak pertemanan bahkan sampai ke ikatan persaudaraan yang menjadi kekeluargaan yang hakiki, banyak sekali orang yang awalnya dari kopi bisa menemukan banyak teman sahabat atau bahkan tambatan hati. Serta beans kopi yang harus digunakan saat berkompetisi pun harus dari Indonesia.

Hal tersebut tentu memiliki alasan untuk menunjukkan bahwa kopi Indonesia pun tak kalah dengan kopi dari luar negeri seperti contohnya kopi dari Brazil, Ethiopia, Panama, Guatemala, Costa Rica, dan masih banyak lagi yang telah diakui oleh dunia. Tentu dengan membawa beans kopi dari lokal menunjukkan kecintaan kita terhadap kopi Indonesia dan juga tentu memakmurkan petani kopi Indonesia.

Tak hanya kompetisi saja, di Indonesia Coffee Events 2018 ini, kalian juga bisa datang ke Coffee Vilage yang dimana semua coffee shop membuka booth dan kalian bisa icip-icip kopi. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya beberapa coffee shop yang membuka booth, kali ini jauh dari tahun lalu yang dimana ada 3 lantai yaitu di lantai 2,3,4 dan berpusat di lantai 4.

Disana kalian bisa icip-icip kopi dari berbagai coffee shop di Jakarta dan sekitarnya apabila kalian tertarikkalian bisa membeli beansnya dan beans yang dijual pun mayoritas beans dari Indonesia. Tidak hanya kopi saja yang mereka jual, berbagai macam merchandise pun ada seperti pin, serta kaos yang tentunya bertemakan kopi. Serta tak lupa apabila kalian ingin mengasah kemampuan menyeduh kalian bisa membelinya di booth yang menjual barista tools yaitu perlengkapan barista.

Menyambut era kekinian para coffee shop pun juga menjajal minuman kopi yang di buat semenarik mungkin, kopi susu masih menjadi andalan coffee shop. Yang uniknya kalian bisa mencoba Nitro Latte yang sangat jarang di jual coffee shop mana pun kalian akan mendapatkan sensasi menikmati kopi yang berbeda, kemudian juga ada Frozen Latte yang tak kalah menyegarkan.

Kemudian yang menjadi pembeda dari Coffee Village sebelumnya yaitu ada booth yang menjual mesin roasting kopi. Cocok banget buat kalian yang ingin memulai berbisnis kopi nih, yang memang soal harga masih jauh dibawah mesin roasting buatan luar negeri.

Reporter & Fotografer : Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Galih Perdana