April 18, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Keseruan Rapat Kerja Batch 1 Anggota CMSD

4 min read
Keseruan Rapat Kerja Batch 1 Anggota CMSD

Foto: Sherly Ayu

Halo Sahabat deCODE, apakah kalian tahu? Saat ini prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia tengah melakukan berbagai macam gebrakan baru, salah satunya yaitu dengan melakukan konvergensi media.

Penggabungan sumber daya media yang ada di Ilmu Komunikasi. Media ini adalah deCODE, CFM, dan UAITV. Dengan hadirnya media tersebut, maka terbentuklah suatu organisasi yang bernama CMSD (Communication Media Sharing and Development).

CMSD adalah gabungan dari ketiga media tersebut. Dalam rangka membuat struktur kerja organisasi, membangun chemistry serta membangun tali silaturahmi antar anggota CMSD, diadakanlah Rapat Kerja Pertama Batch 1 yang bertempat di Pondok Abah, Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Bogor. Tujuan diadakannya pelatihan tersebut untuk membahas program kerja dan AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) CMSD untuk kedepannya.

Awal rencana diadakannya acara Rapat Kerja Pertama Batch 1 ini, dicetuskan ketika Edoardo, Nanang Haroni, dan Viand Isword berunding untuk menyatukan seluruh anggota CMSD.

“Jadi awalnya kita tercetus ide nih. Kayaknya semua media harus digabungin deh, harus disatuin. Supaya nanti kedepannya tiga media ini bisa berkolaborasi, biar menghasilkan banyak konten.” ucap Edoardo.

Perjalanan dimulai ketika seluruh perwakilan anggota CMSD yang terdiri dari beberapa anggota deCODE, CFM, dan UAITV berkumpul di Lobby Universitas Al Azhar sekitar pukul 10:00 WIB pada hari Senin (5/2) kemarin. Suasana pada saat itu adalah hujan, sehingga perjalanan menuju Pondok Abah sedikit tersendat.

Hari Pertama di Pondok Abah

Hari pertama ketika tiba di Pondok Abah pukul 15:00 WIB, seluruh anggota CMSD melaksanakan ishoma (istirahat, sholat, makan) setelah menempuh waktu perjalanan kurang lebih sekitar 5 jam. Hari menjelang sore, kegiatan selanjutnya adalah membahas mengenai AD/ART. Acara pertama kali dibuka oleh Ketua Prodi baru Ilmu Komunikasi, Alma Mandjusri.

Sambutan yang memotivasi anggota CMSD disampaikan oleh Alma Mandjusri. Tidak lupa juga, hadir beberapa Dosen Ilmu Komunikasi, seperti Edoardo Irfan, Nanang Haroni, Nurul Robbi Sepang serta beberapa alumni lainnya yang ikut serta dalam kepengurusan media tersebut.

Kegiatan selanjutnya adalah membahas kesepakatan AD/ART. Setelah menemukan kesepakatan bersama, tiba saatnya untuk bermain games yang bertujuan untuk mengenal anggota CMSD satu sama lain. Games nya adalah ketika seluruh anggota CMSD sengaja dihadapkan langsung dua orang per dua orang dan menanyakan kehidupan satu sama lain. Bicara dari hati ke hati, curhat bahkan meminta maaf bila ada kesalahan yang dilakukan per-individu.

“Jujur gara-gara games ini, gue jadi makin banyak kenal sama anggota lainnya. Seru banget deh.” ucap salah satu anggota CMSD.

Setelah membahas pembuatan AD/ART dan diakhiri dengan games/ice breaking sebagai pencair suasana, anggota CMSD dipersilahkan untuk istirahat di kamar masing-masing. Meskipun ada juga beberapa anggota CMSD lainnya yang lebih milih menghabiskan sisa malam untuk sharing dengan dosen.

Hari Kedua di Pondok Abah

Pada hari kedua (Selasa, 6/2) pukul 11:00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dan sharing tiap media CMSD seperti CFM, deCODE, dan UAITV. Selain presentasi dan sharing, ada juga screening film yang telah dilakukan oleh media UAITV. Berbagai masukan dari beberapa media juga disampaikan ketika kegiatan sedang berlangsung.

Ketika acara presentasi tersebut, semakin terlihat karakter dari masing-masing media. Seperti yang diutarakan oleh Edoardo.

“Yaa, kalo kita liat karakter dari 3 media ini punya karakter yang berbeda ya, dan memiliki karakter yang kuat. 2 hari ini yang saya lihat, ini udah sebagai langkah yang bagus. Sangat-sangat produktif. Karena ada beberapa yang dihasilkan. Biasanya kalau punya ide, kita wujudkan. Ya, dari dua hari ini, insyaa Allah yang dibayangkan hari ini akan kita coba untuk direalisasikan.”

Acara dilanjutkan dengan masing-masing media menyusun rencana kerja sama media CMSD untuk kedepannya, seperti workshop atau event yang akan dibuat. Acara pun semakin seru dan panas, ketika kegiatan selanjutnya dimulai, yaitu bermain games. Hubungan antar anggota CMSD semakin terlihat erat ketika games dilaksanakan. Berbagai rasa emosi, bangga, senang, kesal seperti menjadi satu. Suasana tersebut semakin seru ketika beberapa anggota CMSD berhasil memenangkan tebakan dalam games tersebut.

Setelah seluruh kegiatan selesai, anggota CMSD kembali ke rumah masing-masing.

“Sekarang kan orangnya udah banyak nih. Harapan kedepannya adalah semua bisa kerja berdasarkan jobdesknya masing-masing. Gua butuh kesepakatan, loh. Ini media bakal jadi keren banget. Makin banyak, makin hectic, makin keren. Gua butuh bantuan lo semua. Oke?” ucap Viand selaku Ketua Lab UAI di penghujung acara. Harapan CMSD kedepannya adalah mampu bersaing dan juga berkembang.

“Ya tantangan ke depan adalah bagaimana caranya ini supaya konsisten, terus kemudian ini nantinya bisa dilestarikan. Gak berhenti sampai disini gitu, karena ini baru awal dan ya pengennya ini akan terus berkembang. Ini udah direncanakan ketika workshop yang terakhir kita buat kemarin. Tau tau ada ide kayaknya kita perlu coba bikin workshop, tapi kita perluas pesertanya. Kan kalau kemarin mahasiswa dari UAI sendiri, nah kita mau coba nanti ke siswa-siswi SMA atau SMP Jakarta Selatan atau Jabodetabek supaya nanti makin banyak orang yang tertarik di media itu sendiri.”Begitulah pesan dan harapan yang disampaikan oleh Edoardo untuk para anggota CMSD.

Semoga hubungan sesama anggota CMSD setelah ini akan terus terjalin erat, serta harapan dan rapat kerja yang telah dibuat CMSD ke depannya segera terwujud!

Reporter & Fotografer: Sherly Ayu | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.