Bicara tentang saltum alias salah kostum, pasti pernah dirasakan oleh hampir semua orang. Terkadang fashion memang bisa mengecohkan si pemakai. Oleh sebab itu, terjadilah momen unik saat berpakaian.

Biasanya tragedi saltum ini, lebih sering dialami oleh kaum perempuan daripada kaum laki-laki. Hal ini dikarenakan item fashion pada perempuan jauh lebih banyak dan nyentrik dibandingkan kaum laki-laki. Sehingga, apabila kaum perempuan mengalami salah kostum akan banyak orang yang menyadari hal tersebut.

Saltum kerap terjadi karena si pemakai minim informasi mengenai acara apa yang akan dihadiri, tamu siapa saja yang akan datang dan masih banyak lainnya. Nah, buat kalian yang takut salah kostum, jangan khawatir karena deCODE punya tipsnya, yuk disimak!

1. Sesuaikan Dengan Tema Acara

Setiap acara yang diadakan pasti memiliki tema yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita wajib tahu mengenai tema dari acara yang akan kita hadiri. Apa kah formal atau tidak. Hal tersebut sangat berpengaruh dengan kostum yang akan kita gunakan.

Contohnya pada acara yang memiliki tema vintage, nah kalian bisa pilih outfit-outfit yang memiliki motif tribal dengan warna coklat, broken white atau mocca. Karena biasanya warna-warna itulah yang paling sering muncul pada tema-tema vintage.

Jangan sampai kaya Kendall Jenner ya genks, supermodel tersebut sempat tertangkap kamera karena saltum saat menghadiri pesta yang diadakan oleh Kortney Kadarshian. Di saat para tamu memakai gaun-gaun sequin yang mewah, Kendal malah pakai kaos dan celana jeans.

2. Sesuaikan Dengan Waktu Acara

Nah setelah sudah mengetahui tentang tema dari acara yang akan dihadiri, kita juga perlu tahu kapan acara tersebut akan diadakan. Malam hari atau kah siang hari? Tentu saja itu hal tersebut sangat amat berpengaruh pada penampilan kita. Biasanya acara yang diadakan pada malam hari itu lebih terkesan formal dan glamour seperti pesta ulangan tahun atau hanya sekedar pesta tahun baru.

Untuk kaum perempuan dengan memakai dress memang dirasa paling pas untuk menghadiri acara semacam pesta-pesta tersebut. Untuk memberikan kesan glamour pada tampilan, kalian bisa tambahkan sentuhan glitter pada make up¸ atau sentuhan kerlap-kerlip yang biasa melekat pada sepatu, perhiasan atau bahkan pada dress yang kalian gunakan.

Untuk laki-laki jangan khawatir, supaya kalian juga gak mengalami saltum, paling aman kalian bisa pakai kemeja dengan jaz atau blezzer lengkap dengan dasi.

3. Sesuaikan Dengan Tempat Acara

Menghadiri suatu acara yang diadakan baik di indoor maupun di outdoor juga diharus disesuaikan dengan item fashion yang akan digunakan guna memperlengkap outfit yang kita pakai. Ada banyak item fashion yang tidak cocok apabila digunakan di dalam ruangan. Seperti sunglasess dan topi.

Oleh sebab itu hindari penggunaan item fashion tersebut ya. Tapi, lain halnya apabila acara tersebut berlangsung di ruang terbuka. Terutama pada acara yang bertajuk summer seperti yang baru saja diadakan oleh mahasiswa dan mahasiswil Ilmu Komunikasi UAI, yaitu inagurasi. Nah, hal tersebut akan lebih cocok apabila kalian gunakan sungaless dan topi-topi pantai yang pastinya akan membuat tampan kalian lebih terlihat stylish.

4. Sesuaikan Dengan Kendaraan Yang akan Digunakan

Naik kendaraan roda dua, empat atau beroda banyak sekalipun juga sangat berpengaruh. Bukan berpengaruh pada penampilan kita, melainkan pada keselamatan kita baik saat menghadiri acara atau sebaliknya dari acara tersebut. Khususnya bagi kaum perempuan nih, yang suka pulang pergi sendirian. Untuk dapat memilih kendaraan apa yang akan kita gunakan, haruslah disesuaikan dengan penampilan apa yang sedang kita pakai. Misalnya pada perempuan yang mengenakan mini dress lengkap dengan pernak-pernik perhiasan yang terlihat glamour, akan lebih aman apabila menggunakan mobil pribadi atau taxi.

Selain lebih aman, juga akan menyelamatkan tampilan kita supaya gak berantakan. Kalau hanya sekedar hangout dengan tampilan yang casual, kita bisa gunakan transportasi umum supaya lebih irit juga, sahabat deCODE!

Bagaimana keempat tips diatas? Semoga tips yang kami berikan dapat berguna ya!

Reporter: Riska Fitria | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana