Apakah kamu merupakan salah satu orang yang suka ngemil? Apalagi ngemilnya sambil menonton televisi atau film favorit, dijamin berbagai macam camilan bisa habis kita makan. Nah, sahabat deCODE, sebenarnya ngemil sambil menonton televisi atau tiduran itu kurang baik buat tubuh, loh!

Hal ini dikarenakan banyak studi yang sudah membuktikan adanya hubungan antara ngemil depan televisi dengan kenaikan berat badan.

Studi yang dilakukan oleh Pearson (2011) menyebutkan bahwa makan sambil menonton televisi dapat menyebabkan seseorang membuat pilihan makan yang kurang sehat dan makan berlebihan.

Remaja yang menonton televisi lebih dari 2 jam sehari lebih banyak mengonsumsi makanan ringan yang tinggi kalori, seperti keripik dan minuman soda, serta lebih sedikit mengonsumsi makanan ringan yang rendah kalori, seperti buah dan air putih.

Selain itu, remaja yang lebih banyak menonton televisi ternyata memiliki tambahan 106 kalori dari pada remaja yang jarang menonton tv. Orang yang suka menonton televisi cenderung terganggu saat makan, sehingga ia tidak sadar sudah berapa banyak makanan yang ia konsumsi. Hal itu yang menyebabkan ia makan terlalu berlebihan.

Hmm.. padahal ngemil sebenarnya bisa menjadi pola makan yang baik dan tentunya tidak membuat kita gemuk jika dilakukan di waktu yang tepat. Pada dasarnya, ngemil atau mengonsumsi makanan ringan dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan gizi tubuh.

Lalu, seperti apa cara ngemil yang baik dan tidak bikin berat badan kamu naik? Ikuti tips di bawah ini, ya!

1. Hindari makanan goreng-gorengan dan junk food

4 Tips Ngemil yang Gak Bikin Gemuk

Berhenti makan junk food!

Gorengan dan junk food termasuk jenis camilan yang banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini, disebabkan gorengan memiliki ukuran yang kecil, sehingga kamu tidak akan kenyang jika hanya makan satu gorengan saja.

Padahal, gorengan mengandung banyak minyak yang akan diubah menjadi energi di dalam tubuh. Selain bisa menambah kandungan lemak di tubuh, kedua makanan tersebut juga bisa mengganggu kesehatan jantung dan organ pencernaan penting lainnya.

2. Ngemil sebelum dan sesudah olahraga

4 Tips Ngemil yang Gak Bikin Gemuk

Camilan yang baik seperti camilan Energy-Bar

Ngemil dengan cara yang sehat bisa kamu lakukan sebelum dan juga setelah berolahraga. Meskipun porsinya tidak sebanyak makan besar, tapi camilan yang kamu makan saat ngemil cukup memberikan energi untuk tubuh, lho!

Kamu juga tidak perlu panik dengan berat badan, karena kalori dari camilan yang kamu makan akan dibakar saat olahraga. Sedangkan, ngemil sesudah melakukan olahraga bisa mengganti energi yang terkuras dan juga membentuk jaringan otot. Camilan ini bisa berupa Energy-Bar loh, contoh dari energy-bar ini dapat berupa merek Fitbar, Soyjoy, dan lain-lain.

3. Pilih camilan yang sehat

4 Tips Ngemil yang Gak Bikin Gemuk

Pilih camilan yang sehat!

Kebanyakan orang lebih memilih untuk ngemil makanan maupun minuman ringan yang mengandung kalori tinggi, hampir menyumbang seperempat kebutuhan kalori individu. Jadi, jika kamu tiba-tiba lapar, kamu bisa tetap kenyang tanpa perlu khawatir naik berat badan.

Camilan sehat yang bisa kamu makan adalah makanan berserat seperti buah-buahan dan makanan rendah kalori seperti cokelat hitam, kacang – kacangan, dan keripik dari buah-buahan.

4. Banyak mengonsumsi air putih

4 Tips Ngemil yang Gak Bikin Gemuk

Minum air putih yang banyak!

Selain bikin kamu kenyang, air putih juga bisa menetralisir rasa lapar serta meningkatkan metabolisme yang berperan dalam pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Jadi, jika kamu ingin cepat kenyang, maka perbanyaklah minum air putih setelah ngemil!

Faktanya, mengonsumsi makanan lengkap jauh lebih bagus dibandingkan dengan ngemil makanan ringan tinggi garam atau gula. Apabila tak dapat menahan godaan untuk ngemil, carilah camilan yang sehat, seperti sayur atau buah dengan takaran yang wajar. Selamat mencoba ya, Sahabat deCODE!

Reporter: Sherly Ayu | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana