Pada hari pertama musim semi Belanda (25/3/2018), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBBRI) Den Haag dalam misi memperkenalkan budaya Indonesia di kancah Internasional, menyelenggarakan acara kebudayaan Indonesia berupa festival. Festival bertajuk “DangDutch 2018” di Event Plaza, Riiswiik, Belanda tersebut merupakan bagian dari program untuk mempromosikan musik dangdut di Belanda.

I Gusti Agung Wesaka Puja, selaku duta besar Republik Indonesia Den Haag, hadir dan memberi sambutan dalam pembukaan acara. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi para pengunjung yang hadir untuk menikmati musik dangdut sebagai bagian dari budaya Indonesia.

Dangdut di Kancah Internasional Melaui Acara DangDutch 2018

Sumber foto: @kbridenhaag

Selain itu, acara DangDutch 2018 mengundang artis-artis dangdut diaspora Indonesia di Belanda, yaitu Nilam Sari Asti Dewi, Duo Rudi-Cici, dan Idris Permata. Dengan turut memeriahkan acara tesebut, para penyanyi membawakan lagu-lagu dangdut populer di Indonesia, antara lain Kopi Dangdut, Mbah Dukun, Jarang Goyang, Cucak Rowo, Kereta Malam, dan lagu-lagu dangdut lainnya.

Tak disangka, acara semakin meriah ketika I Gusti Agung Wesaka Puja dan Ibnu Wahyutomo, selaku wakil duta besar Republik Indonesia, ikut bernyanyi dan menari bersama para pengunjung.

Dangdut di Kancah Internasional Melaui Acara DangDutch 2018

Ibnu Wahyutomo ikut menari di DangDutch 2018 | Sumber foto: https://twitter.com/kbridenhaag

Konser musik dangdut pada acara ini, dinikmati pengunjung sambil mencicipi makanan dan minuman khas Indonesia yang telah dipersiapkan oleh KBBRI Den Haag. Sekitar 1000 total pengunjung dan tamu undangan, yang tersiri dari kalangan diplomatik, mitra kerja KBRI Den Haag, pelajar, komunitas diaspora, dan masyarakat Indonesia, menujukan antusiasme yang cukup tinggi dengan ikut bernyanyi dan menari bersama sejak awal hingga akhir acara.

Sumber: kemlu.go.id

Reporter: Rayza Al Khensha | Editor: Sasya Semitari P