Halo sahabat deCODE, pernah gak sih kalian terpikir untuk menjadi influencer bagi banyak orang? Tidak mudah lho menjadi influencer. Kita harus dituntut menjadi kreatif dan memberikan efek positif juga tentunya. Kira-kira, gimana ya pengalaman Ashry Rabani sebagai seorang influencer?

How to Influence People by Ashry Rabani

Sumber foto: Instagram

Siapa yang tak kenal Ashry Rabani? Finalis Hijab Hunt 2014 yang sekang menjadi selebgram terkenal ini, sukses mempengaruhi banyak orang melalui akun media sosial miliknya. Dalam talkshow-nya di acara Hijab Creative Market pada 6 April lalu, Ashry menceritakan pengalamannya selama menjadi influencer. Selebgram ini, aktif di Instagram dengan jumlah followers yang cukup banyak yaitu, sejumlah 159k.

How to Influence People by Ashry Rabani

Akun Instagram Ashry Rabani

Pada akun Instagramnya, Ashry memfokuskan konten yang sesuai dengan passion-nya, yaitu dalam bidang fashion. Ashry mengaku bahwa ia sangat senang melakukan mix and match  pada outfit-nya untuk ke kampus. Menjadi mahasiswi yang ngekost, Ashry harus menghemat uang untuk keperluan yang lebih penting dari membeli pakaian. Oleh karena itu, Ashry mengandalkan mix and match agar outfit-nya tidak membosankan.

Berkat keterampilan memadupadankan tampilannya, orang-orang tertarik untuk mengikuti akun instagram dengan username @Ashryrrabani. Selain aktif di Instaram, Ashry juga aktif di youtube channel miliknya. Ashry mengaku bahwa dirinya termasuk orang yang bawel dan suka ngomong.

Nah, melalui akun youtubenya itulah Ashry mengaplikasikan kebawelannya melalui video blog atau vlog yang diunggahnya. Bukan hanya sekadar vlog biasa, ia juga membuat video tutorial make up dan tutorial penggunaan hijab yang bermanfaat untuk kaum hawa. Dengan begitu Ashry merasa senang apabila tutorialnya bisa ditiru oleh banyak orang.

How to Influence People by Ashry Rabani

Sumber foto: instagram @ashryrrabani

“Aku tuh seneng banget orang-orang tuh ngikutin Aku, Aku tuh seneng. Oh berarti Aku tuh orang yang ditiru orang, gitu. Walaupun belum sesuai dengan selektif yang sebetul-betulnya. Tapi seenggaknya orang jadi terinspirasi sama Aku,” ujarnya saat talkshow berlangsung.

Hasil dari konten yang dibuat dan dibagikan pada akun instagram dan youtube miliknya, menjadikan Ashry terus diundang di segala jenis acara fashion show. Seperti pada beberapa hari lalu, Ashry pernah diundang dalam ajang bergengsi Indonesian Fashion Week yang diadakan di JCC, Senayan. Menurut Ashry, hal yang sulit dilakukan adalah merintis dari awal supaya masyarakat bisa percaya bahwa diri kita mampu dibidang itu.

Dalam talkshow yang berlangsung di Mall FX Sudirman tersebut, Ashry juga menceritakan pengalaman unik dalam dirinya selama menjadi influencer. Pengalaman tersebut ialah menghadapi komentar netizen. Ashry mengaku, ia kerap dituntut untuk menjadi sempurna di mata netizen. Meskipun begitu, Ashry tidak ambil pusing, karena bagaimanapun kita hanyalah manusia biasa yang masih ada kekurangan.

Menjadi influencer tentu ada tantangannya. Tantangan terbesar bagi Ashry sendiri adalah komitmen dan konsikuensi. Untuk menghadapi itu, selebgram cantik ini berusaha untuk mengembangkan potensi dalam dirinya.

How to Influence People by Ashry Rabani

Foto: Riska Fitria

Oleh karena itu Ashry menyarankan untuk bisa mem-branding diri sendiri agar bisa dipercaya masyarakat. Dengan jumlah followers yang begitu banyak, Ashry justru menjadikan followersnya tersebut sebagai motivator bagi dirinya. Meski kerap dituntut sempurna, Ashry malah menunjukkan bahwa dirinya bisa menjadi sempurna dengan caranya sendiri. Dan berkat followersnya lah, Ashry selalu menerima endorse. Untuk menarik pengiklan, Ashry terus memperbaiki konten agar berbeda dari influencer lainnya. Selain itu, Ashry juga sering mempublikasi mengenai kehidupan sehari-harinya di instastory.

Dengan menjadi seorang influencer, Ashry bisa mendapatkan pembelajaran dan hal menarik. Seperti menjadikan dirinya lebih sabar dalam menghadapi apapun, terlebih Ashry merupakan tipe orang yang moody. Selain itu Ashry juga bisa berkesempatan bekerja sama dengan artis-artis terkenal yang tak pernah Ashry sangka sebelumnya.

Meski memiliki banyak followers, Ashry pernah merasa kurang percaya diri pada influencer-influencer lainnya. Hal itu dihadapi Ashry dengan tidak underestimate pada diri sendiri. Mau bagaimana pun, kita dan orang lain itu berbeda.

How to Influence People by Ashry Rabani

Foto: Riska Fitria

“Jadi intinya harus positive thinking aja, bahwa kita gak bisa ngukur diri kita sama orang lain, karena beda,” ujar Ashry. Selain punya kemampuan pada bidang fashion dan beauty, Ashry juga memiliki kemampuan lainnya, yaitu public speaking yang baik. Hal itulah yang membuat Ashry terus diundang di acara talkshow. Intinya untuk menjadi influencer kita harus menjadi unik, dan konsisten.

Reporter: Riska Fitria | Editor: Nadhira Aliya Nisriyna