“Aku masih duduk dalam kedai itu, ditemani dua cangkir kopi dingin yang bahkan nampaknya lebih setia untuk terus denganku dari pada kamu yang telah beranjak. Keegoisanku mulai hadir, mendramatisi setiap hal yang terjadi. Bagaimanapun, aku tak pernah membayangkan kita kembali dipertemukan dalam situasi sepelik ini, setidaknya bagiku.

Bagaimana rasanya dipertemukan, jatuh cinta, dipisahkan bertahun-tahun tanpa kejelasan apa-apa, lalu dipertemukan kembali dalam ruang ketakberdayaan?”

Sepenggal sinopsis yang mencekik hati. Dua insan manusia yang saling jatuh cinta, namun tidak bisa melawan kehendak Yang Maha Kuasa. Menceritakan seorang mahasiswa yang jatuh cinta kepada seniornya. Cinta yang tak pernah ia ucapkan secara langsung. Cinta yang ia simpan sampai saat yang pas.

Ajari Keikhlasan Lewat Novel  “Tuhan Maha Romantis"

Sumber foto: bukalapak.com

Tuhan mempunyai peran dalam setiap hidup insan manusia. Dalam kisah ini, Tuhan memainkan skenarionya dengan baik. Saat kamu menjauh tapi takdir justru ingin mendekatkanmu dengannya kembali. Tidak ada namanya Tuhan menyiksa kita. Cinta itu indah, anugerah Yang Maha Esa. Bagaimana caranya kita menjaga dan membuatnya menjadi kebahagian bagi diri kita. Tuhan telah menentukan takdir setiap manusia. Tuhan telah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Maka tidak ada cinta yang salah.

“Mencintai itu, bukan cuma soal rasa suka atau ketertarikan. Bukan cuma soal kekaguman. Lebih dari itu, mencintai itu sebuah keputusan. Keputusan besar. Ketika memutuskan untuk mencintai seseorang, dengan kata lain ia sedang memutuskan untuk dengan sungguh-sungguh memerhatikan, menjaga, merawat, dan menumbuhkan orang tersebut. Kalau belum siap, lebih baik siapkan dulu.”

Tuhan Maha Romantis menceritakan bagaimana tokoh Rijal yang terlahir dari keluarga religius ketika mencintai seorang gadis bernama Annisa. Rijal merupakan seorang anak tunggal yang mulai hidup merantau di Depok demi melanjuti pendidikannya.

Annisa yang terlampau baik kepada Rijal membuat tumbuhnya benih-benih cinta tersebut. Belum sempat Rijal menyatakan perasaanya, takdir berkata lain. Annisa tiba-tiba menghilang tanpa sebab. Setelah beberapa tahun tanpa ada kabar. Akhirnya Rijal mengikhlaskan hatinya untuk dimiliki wanita lain. Rijal melamar seorang gadis pilihan ibunya.

Hingga sampai hari dimana seharusnya Rijal menikahi gadis tersebut tetapi takdir justru menemukan Rijal dengan Annisa kembali. Siapa yang menjadi pilihan Rijal? Ingin tahu kelanjutan ceritanya? Yuk segera cari di beberapa toko buku terdekat ya, sahabat deCODE!

Reporter: Nursyifa Buchis | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana