Puasa merupakan aktifitas yang dilakukan oleh Muslim dimana kita dianjurkan untuk menahan diri dari apapun yang membatalkannya. Ialah menahan rasa lapar, haus serta amarah dan hawa nafsu, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, yakni ketika waktu Maghrib tiba.

Setiap Negara memiliki durasi waktu yang berbeda-beda dari matahari terbit hingga terbenam. Hal tersebut lah yang menjadi salah satu faktor hadirnya perbedaan lama durasi berpuasa di setiap Negara.

Garis khatulistiwa sangat berpengaruh terkait dengan posisi negara untuk pelaksanaan waktu berpuasa. Di negara-negara yang dilewati garis khatulistiwa, seperti Indonesia, Arab Saudi, India, dan Pakistan, lamanya waktu berpuasa berjalan lebih kurang sekitar 15 hingga 16 jam.

Beberapa negara di bagian utara bumi memiliki waktu puasa yang sangat panjang. Waktu terlama berpuasa di negara-negara tersebut bisa mencapai hingga 21 jam lamanya. Sedangkan, untuk di bagian bumi selatan, waktu puasa cenderung lebih singkat. Paling cepat yaitu sekitar 11 jam.

Beruntunglah kalian para muslim dan muslimah yang tinggal di Indonesia karena hanya perlu menjalani waktu untuk berpuasa dalam waktu kurang dari 13 jam dalam sehari. Namun, pasalnya, 6 negara di bawah ini butuh menghabiskan waktu lebih dari 15 jam lamanya untuk berpuasa dalam sehari penuh.

1. Jerman

Inilah 6 Negara Dengan Waktu Puasa Terpanjang

Sumber foto: immigrantspirit

Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang menjadi negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Puasa dimulai sekitar pukul 4 pagi waktu setempat, sama seperti di Indonesia. Namun, yang membedakan ialah terletak pada waktu berbukanya.

Di Indonesia, waktu berbuka ialah pada pukul 6 sore, sedangkan di Jerman waktu berbuka puasa ialah pada pukul 10 malam.

2. Turki

Inilah 6 Negara Dengan Waktu Puasa Terpanjang

Sumber foto: blog.reservasi.com

Turki menjadi negara berikurnya yang memiliki waktu buka puasa lama. Sahur di Turki dimulai pada pukul 3 pagi dan waktu berbuka mereka yaitu pada pukul 9 malam. Karena mayoritas warga Turki beragama Islam, maka kalian tidak perlu khawatir dan merasa terlalu berat menjalankannya.

3. Hong Kong

Inilah 6 Negara Dengan Waktu Puasa Terpanjang

Sumber foto: well join.com.hk

Bulan Ramadhan kali ini jatuh tepat di musim panas untuk Hong Kong. Jumlah umat Muslim yang berada di Hong Kong memang masih minim. Maka dari itu, masih banyak warga Hong Kong yang terlihat kerap makan dan minum seperti biasa.

Puasa di Hongkong rata-rata berlangsung selama 15 jam, dimulai dari waktu imsyak di pukul 04.14. Dengan mayoritas non-Muslim dan keadaan cuaca panas yang sedang menerjang Hong Kong kali ini, serta waktu puasa selama 15 jam, tidak heran bila ini menjadi tantangan tersendiri bagi umat Muslim di sana. Kuat terus ya!

4. Finlandia

Inilah 6 Negara Dengan Waktu Puasa Terpanjang

Sumber foto: travelonspot

Finlandia juga menjadi Negara dengan waktu berpuasa yang lama. Waktu berpuasa di Finlandia bisa berlangsung selama 23 jam 5 menit. Di Finlandia, puasa dimulai dari pukul 1 pagi dengan waktu berbuka puasa pukul 12 pagi. Kebayang tidak bagaimana sulitnya menjalankan puasa terlama di dunia ini?

5. Maroko

Inilah 6 Negara Dengan Waktu Puasa Terpanjang

Sumber foto: urbanpeek

Siang yang panjang dan rasa panas yang menusuk tubuh sangat menggambarkan kondisi di Maroko  sebelum tiba waktunya berbuka puasa di malam hari. Berpuasa di Maroko memerlukan waktu kurang lebih 16 jam dalam sehari.

Sahur dimulai pada pukul setengah 4 pagi dan berbuka pada pukul setengah 8 malam. Merupakan kebanggaan apabila warga yang tinggal di Maroko berhasil menunaikan Ramadhan dengan menahan lapar, haus, dan merokok.

6. Inggris

Inilah 6 Negara Dengan Waktu Puasa Terpanjang

Sumber foto: telegraph

Selain Jerman, Inggris juga merupakan negara dengan puasa paling lama. Waktu puasa di Inggris dalam satu hari pun mencapai hampir 19 jam lho! Warga Muslim di Inggris harus menjalankan ibadah puasa selama hampir 20 jam dalam sehari sepanjang bulan Ramadhan.

Dengan begitu, umat Muslim Inggris hanya akan memiliki waktu sekitar 5 jam antara berbuka puasa hingga menyantap sahur. Jeda waktu tersebut tergolong terlalu pendek jika dibandingkan dengan bagian lain dunia seperti Timur Tengah dan Asia Tenggara.

Beruntung di Indonesia kita hanya menjalankan puasa sekitar 14 jam saja. Kira-kira kalian kuat tidak apabila harus menjalani puasa selama lebih dari 20 jam di kondisi negara yang dingin atau panas sekali pun?

Reporter: Vanesa Bella | Editor: Sasya Semitari P