Sabtu 25 Maret 2017 lalu, telah berlangsung acara tahunan yang diselenggarakan oleh saman dari jurusan Agribisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN). Acara tahunantersebut betajub Ratoh Jaroe Festival tahun ini bertemakan RADESCA: Rentak Describe The Culture of Aceh. Rentak disana difilosofikan seperti gerakan tari saman yang selalu sama dan serentak. Sehingga acara ini bertujuan untuk mempertahankan serta mempertunjukan budaya Aceh secara bersama.

Antusias penonton terhadap acara ini cukup ramai. Kebanyakan mereka berasal dari suporter masing-masing universitas yang datang untuk memberi dukungan kepada teman-teman almamaternya yang sedang berkompetisi saman. Bahkan ada yang sampai duduk di emperan tangga. Walaupun hujan deras sempat turun ditengah acara namun  tidak membuat semangat para peserta dan penonton menjadi padam.

Acara ini juga di isi dengan talkshow, bazar, music performance dari mahasiswa/i UIN serta kompetisi tari saman. Kompetisi tersebut diikuti oleh banyak klub saman dari universitas dan sekolah disekitar Jakarta.

Samanita, UKM tari saman dari Universitas Al Azhar Indonesia juga ikut ambil bagian dalam kompetisi ini. Anggota dari Samanita yang ikut pentas di festival itu berjumlah 15 orang yang berasal dari segala jurusan angkatan 2015 dan 2016.

Seleksi ketat dan latihan ekstra ternyata  sudah dilakukan sejak 3 bulan sebelum pentas agar penampilan terbaik bisa disampaikan diatas panggung. Usaha dan kerja keras seluruh team ternyata tidak sia-sia. Terbukti, Samanita UAI berhasil meraih juara favorit II dari 16 tim lawan.

well, congratulation Samanita!

Penulis: Rizky Amelia