Jumat (13/07/2018) kemarin, Tim Redaksi deCODE Magazine melakukan Kunjungan Media atau yang biasa dikenal sebagai Media Visit ke Metro TV dan Media Indonesia. Bagaimana saja ya keseruannya?

Sekitar pukul 14.30 WIB, Tim Redaksi deCODE sampai di Gedung Metro TV yang terletak di jalan Pilar Mas Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tim Redaksi disambut hangat oleh Anien, selaku PR dari Metro TV.

Kunjungan pertama dibuka dengan sambutan dari Nanang Haroni, selaku dosen pembimbing deCODE Magazine yang dilanjutkan dengan pemutaran video company profile Metro TV dan Media Indonesia. Setelah pemutaran video, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait jurnalistik oleh Ade Alawi selaku Kepala Divisi Content Enrichment dari Media Indonesia. Ade Alawi menceritakan pengalamannya ketika menjadi jurnalis dengan sangat menarik.

“Sebagai seorang jurnalis, kita dituntut untuk berfikir cepat. Ketika ada peristiwa yang harus diberitakan dan diliput, kita sudah harus tahu akan menghubungi siapa untuk di wawancara,” ujar Ade.

“Makanya, penting bagi seorang jurnalis untuk memiliki networking yang luas agar mudah mendapatkan informasi dari jaringan pertemanan,” lanjutnya.

Menurut Ade Alawi, 3 hal yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis adalah:

1. Kognitif: harus suka membaca dan berpengetahuan luas

2. Afektif: memiliki perilaku yang baik dan persuasi yang bagus

3. Psikomotor: mampu membuat berita dengan baik

Selain ketiga hal di atas, Ade juga menyarankan bagi jurnalis untuk tidak berhenti hanya di satu titik. Untuk itu, setiap media harus melakukan rolling rubrik/konten bagi para reporternya. Jadi, setiap tiga bulan reporter dianjurkan memegang rubrik yang berbeda dari rubrik mereka sebelumnya. Rolling ini bertujuan agar setiap reporter memiliki ilmu yang sama dan setara. Agar mereka tidak hanya memiliki ilmu dari satu bidang saja, tetapi beragam.

Setelah pemaparan materi, Tim Redaksi deCODE diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Ada sekitar 5 pertanyaan yang diajukan dan Ade Alawi pun menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas dan penuh canda tawa.

Setelah semua pertanyaan terjawab, Ade Alawi, Nanang Haroni, dan Anien memberikan pertanyaan untuk Tim deCODE Magazine dan membagikan merchandise bagi yang bisa menjawabnya. Salma Aulia, Safa dan Nadhira Aliya berhasil mendapatkan notes dan pulpen karena berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan.

Tim Redaksi deCODE pun diajak berkeliling di gedung Metro TV dan melihat proses kerja dari sebuah media besar. Pertama-tama deCODE diajak berkunjung ke Control Room Studio Metro TV yang dilanjutkan mengujungi ruangan percetakan Media Indonesia. Anien menjelaskan secara jelas fungsi dan cara kerja di tiap ruangan yang dikunjungi oleh Tim Redaksi deCODE. Tentu hal itu menjadi pengetahuan baru bagi para anggota deCODE yang sekaligus menambah wawasan mereka tentang dunia kerja.

Setelah itu, Tim Redaksi deCODE juga berkunjung ke ruang kerja dari Metro TV. Banyak jurnalis dari Metro TV yang sedang mengerjakan tugasnya disana, sehingga setiap orang yang berkunjung diharuskan untuk menjaga ketertiban dan tidak boleh membuat kegaduhan. Seluruh anggota deCODE pun dibuat kagum dengan ruang kerja yang besar dan nyaman tersebut.

Last but not least, deCODE diajak berkunjung ke studio terbesar di Metro TV yang sering digunakan untuk acara-acara yang cukup besar, seperti Kick Andy atau acara debat pilkada. Setelah semua ruangan dikunjungi, acara Kunjungan Media pun ditutup dengan foto bersama antara Tim Redaksi deCODE, Ade Alawi, Nanang Haroni dan juga Anien.

Kunjungan Media ke Metro TV dan Media Indonesia ini diharapkan dapat menambahkan banyak ilmu bagi Tim Redaksi deCODE Magazine. Berbagi ilmu dan melihat langsung bagaimana sebuah salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia sungguhlah sebuah pengalaman yang tak ada gantinya. Sampai jumpa di Media Visit deCODE selanjutnya, sahabat deCODE!

Reporter: Safa Editor: Galih Perdana