Pada Kamis, 22 November, Reporter deCODE berkesempatan untuk meliput Indorelawan yang mengadakan konferensi pers tekait Festival Relawan 2018. Festival Relawan merupakan serangkaian acara yang di inisiasi oleh Indorelawan, Campaign.com, dan Indonesia Future Leaders (IFL) untuk membentuk Tim Aksi Baik bekerja sama dengan beberapa komunitas dan juga menjadikan contoh bagi para anak muda untuk menjadi relawan.

Acara ini telah memasuki tahun ketiga diselenggarakannya Festival Relawan. Festival Relawan sendiri awalnya diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap para relawan Indonesia yang juga bertepatan dengan hari Relawan Internasional pada tanggal 5 Desember dan Hari Relawan Palang Merah Indonesia pada tanggal 26 Desember.

“Pada tahun ini Festival Relawan 2018 mengusung tema ‘Ambil Peran Jadi Relawan’.” Kata Maritta C. Rastuti selaku Executive Director Indorelawan mengatakan pada konferensi pers nya

“Festival Relawan tahun ini mungkin akan lebih heboh dan lebih besar, Lebih besarnya karena panel kita ada tujuh panel, biasanya cuma ada empat sampai lima panel, tahun ini kita ada tujuh panel beragam.” Jelas Marrita C. Rastuti.

Panel-Panel di Festival Relawan akan dihadiri oleh pembicara seperti, Morgan Oey yang menjadi Ambasador Indorelawan, Najeelah Shihab, Pangeran Siahaan, Faisal Basri, Cameo Project, Trivet Sembel dan pembicara lainnya.

Ayu Kartika Dewi selaku Managing Director Indika Foundation mengaku senang diajak bekerjasama kembali dengan Indorelawan dalam Festifal Relawan 2018.

“Waktu diajakin sama Maritta (Executive Director Indorelawan) sama temen temen Indorelawan, gimana kalo kita kerja bareng sekali lagi buat Festival Relawan, karena selain Festival Relawan kita juga beberapa kali kerja bareng dan experience nya selalu menyenangkan dan Festival Relawan kemarin seru banget.” Ucap Ayu.

Rangkaian Festival Relawan 2018 terdiri dari beberapa kegiatan seperti roadshow ke kampus-kampus, kelas membuat poster, Pawai Aksi Baik, Live Talkshow, Konferensi Pers yang sudah dilakukan dari  Oktober 2018 sampai dengan nanti Desember 2018 dan Kegiatan puncak yaitu Festival Relawan 2018 yang akan diadakan pada Hari Sabtu, 1 Desember 2018 di Gandaria City.

Konferensi Pers Festival Relawan 2018

Foto: Ken Akbar

Kegiatan puncak Festival Relawan ini akan diisi dengan acara Panel inspiratif, Pameran Komunitas, Micro-volunteering, Penampilan Komunitas, Hiburan Musik, Donation Box, dan Indorelawan Awards.

Nah, sahabat deCODE mari kita tunggu kegiatan puncak dari acara Festival Relawan 2018 nanti!

Reporter: Maulani Mulianingsih Editor: Faisal Barakuan