Bicara tentang seni tidak selalu berkaitan dengan seni lukis atau gambar saja, contohnya kita bisa mengulas banyak dari seni musik. Seni musik adalah pergabungan dari nada-nada serta melodi-melodi indah yang menghasilkan suatu karya artistik untuk dinikmati oleh indera pendengaran dan penglihatan kita. Banyak musisi-musisi hebat yang lahir di Indonesia, baik musisi-musisi yang sering kita lihat di televisi, maupun yang tidak terekspos di televisi tetapi mereka sudah berkarya dan bermusik sejak lama dengan caranya sendiri.

“Berkarya dan bermusik dengan cara mereka sendiri”. Yap, itu yang dilakukan oleh pengamen jalanan, musisi jalanan kita. Tidak dipungkiri, masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata atas profesi ini, karena tidak sedikit musisi jalanan memberikan image penampilan yang mungkin tidak bisa diterima oleh kebanyakan orang. Masalah tidak berhenti di situ saja, musisi jalanan harus berhadapan dengan masalah peraturan Pemda di beberapa daerah yang melarang adanya aktivitas jalanan, salah satunya ialah mengamen. Untuk menangani hal tersebut, dan tidak ingin musisi-musisi jalanan yang berbakat berhenti berkarya begitu saja, Andi Malewa, Frysto Gurning, dan Iksan Skuter, merumuskan ide untuk membuat wadah bermusik bagi musisi jalanan di Kota Depok pada tahun 2013.

Wadah tersebut dinamakan sebagai Institut Musik Jalanan (IMJ), dimana wadah ini juga menjadi ajang pembuktian bahwa musisi jalanan bisa berkarya dengan baik dan profesional seperti musisi-musisi lainnya bila diarahkan dengan benar. Eiits, bukan sekedar menjadi wadah, tetapi IMJ telah berhasil menghasilkan musisi yang bisa merilis lagunya sendiri lho! Seperti 8 musisi jalanan binaan IMJ yang secara resmi merilis album kompilasi pertamanya berjudul “Kalahkan Hari Ini” di tahun 2014, serta lagu-lagu lainnya yang bahkan hadir dengan Video Clip. Waah paket lengkap banget deh! Jadi, jangan dipandang sebelah mata lagi yaaa! Pengamen jalanan adalah musisi jalanan kita! Mereka aset bangsa kita lho.. Bila diarahkan dengan benar, mereka bisa menghasilkan karya-karya indah dan membuat Indonesia bangga.

Yuk, dukung karya musisi jalanan kita, salah satu caranya dengan cek beberapa video dari IMJ di sini https://www.youtube.com/channel/UCddFygYlJkaCyHwVN4aBwvg/videos atau di web resmi nya http://institutmusikjalanan.org/ . Cek cek cek dan jadikan itu sebagai salah satu cara kita dalam mengapresiasi karya mereka!

Sasya Semitari P | Salma Aulia