July 19, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

DAMPAK DARI PERMAINAN LATTO-LATTO

2 min read

Foto: www.detik.com

Halo sahabat deCODE! Kalian pasti tahu kan mainan latto-latto yang dianggap seru, belakangan ini ramai dimana-mana. Tetapi, apa kalian tahu? latto-latto merupakan permainan tradisional yang ternyata sudah ada sejak lama loh. Permainan dengan cara membenturkan dua bola keras ini menjadi salah satu bentuk hiburan yang menyenangkan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa pun ramai memainkan latto-latto, tapi kalian tahu ga sih dibalik keseruan bermain latto-latto ada dampak yang sangat besar. Yang pertama, jika benda tersebut pecah, serpihanya dapat menyebar kemana-mana sehingga berisiko masuk kedalam mata dan dapat menyebabkan kebutaan. Berikutnya jika bermain latto-latto di luar kendali dapat menyebabkan lebam, jika mengenai anggota tubuh pemain atau orang yang berada disekitanya. Yang terakhir, suara latto-latto menyebabkan kebisingan yang mengakibatkan ketidaknyamanan orang yang ada di sekitarnya, apalagi jika dimainkan tanpa mengenal tempat dan waktu.

Selain dampak negatif ada juga kok sisi positifnya, dengan bermain latto-latto dapat meningkatkan kemampuan motorik dan koordinasi tubuh serta membantu mengembangkan kecerdasan dan daya ingat. Permainan ini juga dapat mempererat hubungan sosial antar pemain, sehingga membantu meningkatkan kemampuan berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Sebagai tambahan, para orangtua juga harus lebih memperhatikan anak-anaknya karena permainan ini dapat membuat pemain menjadi kecanduan karena terlalu fokus sehingga banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain, itu sama saja membuang waktu, lebih baik waktu tersebut digunakan untuk aktivitas yang lebih bermanfaat.

Lalu pemain dan orangtua juga harus memperhatikan kualitas latto-latto sebelum diperbolehkan digunakan untuk anak-anaknya agar memastikan bahwa permainan tersebut aman untuk digunakan sehingga tidak membahayakan pemain. Orangtua atau pemain juga harus memperhatikan aturan dan prosedur dalam permainan tersebutuntuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan demi kenyamanan semua pemain. Oleh karena itu, pemain harus mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk bermain dan untuk para orangtua juga harus memperhatikan anak-anaknya pada saat bermain. Jadi, gimana sahabat deCODE? Kalian sudah bisa tahu kan dampak negatif dan positif dalam bermain latto-latto, walaupun seru kalian juga tetap harus berhati-hati ya.

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Lintang+Aminda+ Kuswara”]Penulis: Lintang Aminda Kuswara [/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Najmahira+Fansa+Izdihar”]Editor: Najmahira Fansa Izdihar [/tw-button]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.