July 19, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Nuansa Jakarta Tempo Dulu di An Expo 2022

2 min read

Foto: Reporter deCODE

Pada hari Sabtu (3/12) lalu, AN EXPO 2022 menutup rangkaian acaranya dengan acara penutup berjudul Pagelaran Djakarta. Acara penutup ini bertempat di Auditorium Perpustakaan Lantai 3, Politeknik Negeri Jakarta. AN EXPO sendiri adalah acara tahunan sejak tahun 1992 yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Semester 5 Prodi D-III Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Jakarta.

Mengusung tema Tempo Doeloe Djakarta dengan tagline “Kembali ke Ruang Masa Lalu,” AN EXPO 2022 mengajak peserta kegiatannya merasakan suasana, keberagaman, dan keunikan yang dimiliki Kota Jakarta, terutama di masa lalu. Elemen-elemen yang sangat khas dengan Jakarta dapat ditemukan sepanjang rangkaian acaranya berlangsung.

Sebelumnya, rangkaian acara telah dimulai sejak tanggal 21—25 November dengan kegiatan pre-event berjudul Batavia Fair. Pada acara Batavia Fair, berbagai lomba kreativitas, kesenian, kebudayaan, hingga permainan tradisional Betawi diadakan secara luring dan daring dengan total 9 mata lomba. Beberapa lomba yang erat dengan Betawi di antaranya adalah galasin, adu pantun, dan cerdas cermat karung.

Selanjutnya, AN EXPO memasuki main event yang berjudul Historinics Djakarta pada tanggal 29 November—1 Desember. Acara ini menyajikan berbagai kegiatan dan pertunjukan yang menarik bagi pengunjung seperti atraksi palang pintu, bazar, stand-up comedy, seminar, pidato, games, dan area jajanan Betawi. Selama 3 hari jalannya acara, pengunjung Historinics Djakarta dilaporkan mencapai angka dua ribu pengunjung.

Rangkaian acara ditutup dengan Pagelaran Djakarta yang menampilkan berbagai pertunjukan. Pagelaran Jakarta dibuka dengan beberapa sambutan dari dosen dan juga panitia. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah para pemenang lomba di pre-event. Para pemenang tersebut juga mengisi acara dengan pertunjukan kesenian yang mereka lombakan seperti tari tradisional, adu pantun, puisi, dan solo vokal.

Memasuki sore, acara semakin ramai dihadiri oleh para penonton. Selain pertunjukan dari para pemenang, acara juga diisi oleh penampilan musik dari Wes Angel, Bolt and Nut,  Lorongkuy, dan karaoke bersama. Pagelaran Djakarta berakhir dengan penampilan dari bintang tamu yaitu DJ Maill ft. OHSHALLE. Kemeriahan mencapai puncak seiring dengan berakhirnya acara.

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Ferdy+Arrahman”]Penulis: Ferdy Arrahman [/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Najmahira+Fansa+IzdiharFerdy+Arrahman”]Editor: Najmahira Fansa Izdihar [/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.