Cewek dan makeup itu bagai dua sejoli yang tak terpisahkan, ya nggak sih sahabat deCODE? Terutama bedak yang menjadi salah satu senjata penting bagi para wanita.

Eits, tapi kalian tau nggak sih perbedaan jenis-jenis bedak? Walaupun kemasannya sama-sama bulat atau kotak, ternyata isi dan fungsinya itu beda-beda loh. Yuk, simak perbedaan 5 jenis bedak ini supaya kamu nggak salah pilih!

1. Loose Powder

Perbedaan 5 Jenis Bedak Yang Wajib Diketahui
sumber foto: AJ Crimson

Ingat, kan, dulu Ibu kita sering taburin bedak di badan kita? Yup, bentuk dari loose powder ini mirip dengan bedak bayi. Tapi warnanya nggak selalu putih, ada juga yang senada dengan tone kulit. Tekstur bedak ini halus dan ringan, sehingga mampu memberi kesan natural pada wajah. Hasil seperti ini sangat cocok untuk dipakai sehari-hari. 

Penggunaan brush sangat disarankan dalam mengaplikasikan loose powder. Tetapi, kalian perlu hati-hati saat memakainya karena butiran-butiran bedak bisa berantakan di pakaian. So, kalau kalian tipe orang yang anti ribet, you better keep it at home!

2. Compact Powder

Perbedaan 5 Jenis Bedak Yang Wajib Diketahui
sumber foto: Adore Beauty

Kalau jenis bedak yang satu ini paling sering dijadikan senjata wajib bagi para wanita nih, sahabat deCODE! Bedak ini sudah dipadatkan sedemikian rupa agar mudah dibawa kemana-mana. Namun sayangnya, packaging dari compact powder memang agak bulky. Selain itu, bedak ini memiliki coverage yang lebih tinggi dibandingkan dengan loose powder. Oleh karenanya, tekstur dari compact powder juga lebih berat. 

Bedak yang memiliki kandungan pelembab ini biasa digunakan untuk touch-up makeup. Pengaplikasiannya bisa disesuaikan dengan makeup yang dipakai di bawahnya. Jika kalian sudah menggunakan foundation dengan tipe medium to full coverage, disarankan untuk memakai bedak ini secara tipis-tipis menggunakan brush. Sehingga, makeup kalian nggak terlihat cakey atau dempul.

3. Two-Way Cake Powder

Perbedaan 5 Jenis Bedak Yang Wajib Diketahui
sumber foto: TOR TORRE

Two-way cake powder sering sekali tertukar dengan compact powder, mengingat bentuk dan teksturnya memang sangat mirip. Bedanya, two-way cake powder ini sudah mengandung lapisan foundation di dalamnya sehingga memiliki coverage yang lebih tinggi. Karena teksturnya yang padat dan cukup berat, bedak ini bisa menyumbat pori-pori wajah. Jadi, tidak disarankan untuk digunakan sehari-hari, ya!

4. Setting Powder

Perbedaan 5 Jenis Bedak Yang Wajib Diketahui
sumber foto: Ulta Beauty

Umumnya, setting powder dikemas dalam bentuk jar seperti loose powder. Tekstur kedua bedak ini pun mirip, yaitu sama-sama ringan dan halus. Sehingga, keduanya sering pula disamakan oleh beberapa orang. Setting powder dibuat khusus untuk mengunci makeup agar lebih tahan lama. Bedak ini mampu mencegah makeup agar tidak pecah oleh minyak, terutama di area T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

Untuk penggunaannya, kalian bisa memakai metode baking. Caranya adalah dengan menaruh bedak di wajah menggunakan spons atau puff, lalu dibiarkan beberapa menit. Setelah sebagian bedaknya meresap, kalian bisa sapu menggunakan brush.

5. Finishing Powder

Perbedaan 5 Jenis Bedak Yang Wajib Diketahui
sumber foto: Ulta Beauty

Last but not least, ada pula finishing powder. Bedak jenis ini sebenarnya tidak terlalu familiar di telinga para wanita. Pasalnya, finishing powder lebih banyak digunakan oleh para MUA profesional. Produk ini dirancang secara khusus untuk menyempurnakan tampilan makeup.

Sesuai dengan namanya, finishing powder diaplikasikan pada tahap terakhir saat ber-makeup, tepatnya setelah setting powder. Bedak ini digunakan untuk makeup yang berat, seperti makeup yang banyak menggunakan contouring dan tipe full coverage. Dengan finishing powder, makeup kalian akan terlihat lebih flawless tanpa pori-pori dan fine lines.

Nah, jadi itu dia perbedaan jenis bedak, sahabat deCODE. Menurut kalian, bedak apa sih yang wajib dimiliki setiap wanita?