Siapa yang keasikan dan kelamaan liburan jadi malas untuk kembali berkuliah? Memang rasa malas itu kerap kali muncul dan rasanya kita belum siap untuk menghadapi hiruk-pikuk perkuliahan yang melelahkan. Namun dibalik rasa malas tersebut ada hal-hal yang perlu kamu ketahui dan lakukan agar rasa itu hilang. Berikut adalah tips mengembalikan semangat dan membuang rasa malas setelah lama liburan.

Sumber Foto: entrepreneurcamp.id

1. Ingat kembali tujuan kamu kuliah.

Tentu saja kamu kuliah memiliki tujuan, yaitu lulus kuliah dan masih banyak hal lainnya. Terkadang liburan tidak sepenuhnya baik jika akhirnya itu akan menggangu kuliah kamu. Jangan biarkan rasa malas untuk kuliah berlarut, karena terlalu lama libur dapat menghambat kamu untuk mencapai tujuan tujuan kamu di perkuliahan. Ingatlah kembali bahwa kamu harus mencapai tujuan tujuan tersebut dan tidak boleh malas, agar tujuan kamu dapat segera tercapai.

Sumber Foto: ciputrauceo.net

2. Bayangkan hal hal yang menyenangkan ketika kuliah

Kesenangan dalam liburan atau kuliah hanyalah masalah persepsi. Pasti kamu pernah merasakan dan menikmati masa kuliah yang mengasyikan. Kamu harus mengubah mindset libur lebih mengasikan dibanding kuliah. Kamu tentu saja bisa mengubah mindset tersebut dengan membayangkan hal yang membuat kamu betah saat kuliah. Hal tersebut bisa saja senang ketika bertemu kembali dengan teman kuliah yang seru. Sekadar merindukan jajanan di kampus yang lezat bisa kamu bayangkan ketika harus mengumpulkan semangat lagi untuk kuliah.

Sumber Foto: dunia dosen.com

3. Lakukan hal hal yang dapat membuat kamu mood untuk kuliah

Kamu bisa melakukan banyak hal yang dapat membuat mood kuliah kamu menjadi baik. Seperti sekadar menggunakan pakaian favorit atau sepatu favorit. Bukan hanya itu kamu mencoba untuk mencicipi kembali makanan dan minuman favorit di kampus atau sengaja bertemu dengan teman dan mengobrol mengenai hal-hal yang kamu suka.

Sumber Foto: eannovate

4. Buat list alasan apa yang harus membuat kamu fokus kuliah

Membuat list tentang apa yang akan membuat kamu fokus kuliah penting untuk dilakukan. Buatlah list mulai dari kamu bangun pagi hari, sampai kamu kembali pulang kerumah. List tersebut bisa berupa, jalan mana yang harus kamu lewati untuk menuju kampus agar tidak kena macet, berusaha mengingat ingat kembali apa yang sudah dan akan dipelajari dalam kuliah. Membuat list perencanaan ini dimaksudkan agar kamu cepat mudah kembali beradaptasi dengan hiruk-pikuk perkuliahan.

Sumber Foto: duniadosen.com

5. Jangan tergoda dengan teman yang malas.

Liburan yang terlalu lama memang kadang membuat kamu malas untuk kembali melakukan kegiatan kegiatan di kampus. Mungkin teman teman kamu masih saja bermalas-malasan ketika waktu kuliah telah berjalan. Hal ini perlu kamu cermati untuk tidak terbawa suasana dengan teman-teman kamu yang malas. Kamu berusaha bersemangat bahkan jika perlu kamu harus membuat teman kamu juga kembali bersemangat menjalani perkuliahan.

Bagaimana sahabat deCODE masih mau bermalas-malasan kuliah setelah liburan yang cukup panjang? Tentu tidak. Memang tidak mudah untuk menghadapi rasa malas, namun semua itu hanya tentang persepsi. Yuk, kita kembali semangat kuliah!

Reporter: Maulani Mulianingsih
Editor: Faisal Barakuan