Hai Sabahat deCODE! gak kerasa ya liburan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H udah berakhir. Kalian tahu gak? Selama bulan ramadhan kemarin kita sudah memasuki musim panas lho! Bagi kalian para hijabers, menggunakan hijab yang nyaman saat musim panas adalah sebuah keharusan. Terlebih di cuaca yang sangat terik, hijab berbahan katun yang mudah menyerap keringat merupakan pilihan terbaik. Tentu saja, tujuannya agar kalian tidak mudah merasa gerah.

Kepala dan rambut yang tertutup dengan hijab rentan merasa kepanasan, yang akibatnya dapat membuat kalian tidak betah untuk terus berhijab. Nah! Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mengikuti tips memilih hijab yang ada di bawah ini, yuk disimak!

1. Pilihlah Bahan yang Nyaman

Sumber foto: Dream

Cobalah memilih bahan yang nyaman. Pemilihan bahan hijab sangat penting lho, agar aktivitas tetap berjalan lancar. Varian bahan hijab memang sangat banyak, namun tidak semuanya cocok digunakan saat musim panas. Beberapa bahan yang cocok digunakan pada musim panas adalah katun, linen, dan rayon. Ketiganya memiliki tekstur yang lembut dan nyaman saat menyentuh kulit.

2. Pilih Ciput dengan Bahan yang Tepat

Sumber foto: Dream

Salah memilih ciput bisa membuat kalian semakin tidak nyaman dalam berhijab.  Selain membuat hijab tidak berantakan, memilih ciput dengan bahan yang tepat juga dapat membuat kepala tidak mudah merasa gerah.

Kalian pun bisa memilih ciput berbahan rajut yang tidak membuat pusing saat digunakan.

3. Pilihlah Warna yang Cerah

Sumber foto: Dream

Pemilihan warna dalam menggunakan hijab di musim panas juga tidak kalah penting. Warna-warna gelap cenderung membuat kalian semakin kepanasan. Untuk itu pilihlah warna yang lebih cerah, warna cerah akan membuat kalian terlihat lebih segar di hari yang panas.

4. Memakai Ikat Rambut yang Tepat

Sumber foto: id.aliexpress.com

Rambut yang tidak diikat akan membuatmu semakin gerah, terutama bagi yang memiliki rambut panjang. Ikat rambut dengan baik lalu masukkan ke dalam ciput agar lebih rapi. Ingat jangan mengikatnya terlalu kencang ya! Karena bisa merusak rambut dan menyebabkan sakit kepala.

5. Gunakan Hijab dengan Model Simple

Sumber foto: The Jakarta Post

Saat musim panas sebaiknya menggunakan model hijab yang simple, jangan berlapis-lapis seperti gambar di atas karena akan membuatmu cepat merasa gerah. Jika merasa kurang percaya diri dengan model simple tersebut, gunakanlah aksesoris yang akan membuat penampilanmu terlihat lebih mewah.

Itulah beberapa tips menggunakan hijab di musim panas yang sudah tim deCODE rangkum. Semoga tips kali ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu mengutamakan kenyamanan dalam berhijab ya, sahabat deCODE!

Reporter: Bunga Nurhalizah Editor: Zalzabillah Ullyl Albi