Traditional Dance Competitions atau lebih dikenal sebagai TRADCO sukses terselenggara di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Indonesia pada 31 Agustus 2019 lalu. Dengan mengusung Tema “Millenial Cinta Budaya Nusantara”

TRADCO 2019 menjadi tahun kedua bagi Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) Universitas Al Azhar Indonesia. Pada tahun ini TRADCO menyajikan kompetisi tari saman tingkat SMA se-jabodetabek dengan misi mengajak generasi muda bangsa untuk turut melestarikan budaya, khususnya tari tradisional yang ada di Indonesia.

Traditional Dance Competions ini punya misi untuk mengembalikan budaya traditional Indonesia. Seperti yang kita tau, sekarang kaum millenial udah mulai banyak yang meninggalkan budaya tradisional karena tertelan yang namanya budaya global. Nah, kita mau kembali mengingatkan teman-teman millenials akan budaya bangsa sendiri” Ujar Bagas selaku panitia TRADCO 2019.

Tahun ini TRADCO 2019 memberikan warna baru pada konsep event mereka. Jika tahun lalu kompetisi yang dilombakan hanya memiliki satu kategori yakni Tari Ratoh Jaroeh, kini satu kategori ditambahkan dalam rangkaian kompetisi, yakni Tari Kreasi Nusantara. Kategori tari kreasi Nusantara merupakan tarian yang dikembangkan dari tari tradisional namun juga terdapat unsur kreativitas peserta.

Kompetisi ini pun lebih meriah dengan hadirnya 20 kontestan, dengan rincian 7 kontestan Tari Ratoh Jaroeh dan 11 kontestan tari kresasi. Para peserta merupakan pelajar SMA di Jakarta. Mereka menunjukan antusiasme luar biasa hari itu, bahkan semangat kompetisi ditunjukan peserta dengan penampilan yang mengagumkan dan memiliki ciri khas tersendiri dari setiap klub tari.

Event ini bagus, seru, dan menarik. Aku jadi ketemu banyak temen baru disini. Aku juga suka sama konsep acaranya” Ujar Mega Kamalia salah satu kontestan dari SMK 50 Jakarta.

Pada pukul 15.30 dewan juri sudah memutuskan hasil kompetisi. Waktunya pengumuman pemenang. Seisi ruangan penuh ketegangan. MC pun mengumumkan hasil kompetisi diikuti oleh sorak meriah dan tepuk tangan dari para pengunjung. Hasilnya juara pertama diraih oleh SMAN 46 Jakarta untuk kedua kalinya pada kategori Tari Ratoe Jaroeh. Sedangkan untuk kategori Tari Kreasi juara satu berhasil dimanangkan oleh SMAN 6 Tanggerang Selatan.