Halo Sahabat deCODE! Apakah kalian tau Artificial Intelligence atau yang sering kita kenal sebagai AI? Nah AI ini memang sedang ramai diperbincangkan di masyarakat baik umum maupun di kalangan industri dan teknik. Bagi mereka, AI ini adalah masa depan namun sebenarnya AI adalah masa kini.

Menanggapi hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Al Azhar Indonesia (HIMF UAI) menghadirkan kembali Fortex 2.0 pada 12 – 13 November 2019 dengan mengusung tema “Artificial Intelligence Roles in Data Governace “. Rangakaian acara tersebut di isi oleh Kompetisi antar mahasiswa, pelajar workshop, dan seminar. 

Menurut Rafi, selaku Ketua Pelaksana acara Fortex 2.0, “pengangkatan tema “Artificial Intelligence Roles in Data Governace, “  dikarenakan kita memasuki di era big data dimana data-data tersebar luas terus bagaimana kita memanfaatkan data yaitu  dengan artificial intelegence karena data trending nya banyak  semakin banyak itu data maka akan semakin pintar’’ 

Fortex dibagi ke dalam dua rangkaian acara, yaitu workshop yang diadakan di Ruang Aphiteather R317C UAI dan seminar yang diadakan di Auditorium Arifin Panigoro Lt.3 UAI. Hal ini lah yang membedakan Fortex pada tahun sebelumnya. Pada workshop yang dilangsungkan pada hari pertama ini, Fortex mengusung tema “Image Recognition” dengan mengundang para mentor dari Nodeflux.

Nodeflux adalah start up AI di Indonesia yang menggunakan teknologi machine learning dan deep learning. Nodeflux menanamkan pada para peserta workshop mengenai pentingnya penggunaan kedua teknologi tersebut pada AI. Selain itu, para peserta juga dikenalkan dengan Convolutional Neural Network beserta kelebihannya. Tak hanya CNN, peserta juga dibekali dengan informasi convolutional layerdimension of filterspadding, dan juga pooling.

Pada hari kedua, Fortex mengadakan rangkaian kegiatan seminar “Artificial Intelligence Roles in Data Governance” dengan menghadirkan pembicara yang sangat luar biasa dalam bidangnya sehingga banyak sekali ilmu yang bisa didapat. Terdapat empat pembicara yang mengisi seminar ini, ialah Oskar Riandi (CEO PT Bahasa Kita), Teddy Mantoro (Professor FST Universitas Sampoerna), Onno W Prubo (Pakar IT Nasional), dan Meidy Fitranto selaku Co-Founder & CEO at Nodeflux. 

Seminar ini sangat menarik dengan adanya Demo penerapan Artficial Intelligence dan Hour f Code Computational Thinking yang membuat antusias para pesertanya semakin meriah. Demo Penerapan Artficial Intelligence oleh Onno W Purbo membuat simulasi google maps memperkirakan ke bandung dengan jarak terdekat dengan data-data sebelumnya. 

Seminar yang di adakan oleh Fortex 2.0 berakhir sukses karena dihadiri oleh pembicara yang luar biasa dalam ilmunya serta antusiasnya para peserta yang mengikuti kegiatan seminar tersebut. 

Penulis: Zahrany Fairuz Syifa Editor: Novia Aprilia Hermawan