Apakah sahabat deCODE sudah tau seberapa pentingnya kesehatan mental? Mengapa kesehatan mental menjadi sangat penting? dan apa hubungannya dengan aktivitas kita sehari hari? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

Masih banyak masyarakat yang masih sangat tabu atau bahkan menggap remeh kesehatan mental, khususnya Indonesia. Padahal kesehatan mental merupakan hal penting apalagi di zaman sosial media. Sangat aktif menggunakan sosial media sering kali dapat mengubah mood atau perilaku seseorang. Maka menjaga kesehatan bukan hanya fisiknya saja melainkan kesehatan mental juga harus dijaga, agar menjadi penyeimbang dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Seperti yang dikatakan oleh pepatah Latin yaitu “Mens Sana In Corpore Sano” yang berarti didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah tersebut menyimpulkan, bahwa tubuh dan jiwa adalah dua hal yang saling berkesinambungan. Dua hal tersebut akan menjadi kunci dalam menjalankan aktivitas di kehidupan sehari hari. Apabila kita memiliki jiwa yang tenang tanpa ada beban dan pikiran, maka otomatis kita akan lebih semangat dan bergairah dalam menjalani aktivitas. Namun, jika jiwa kita sedang tidak tenang atau banyak beban yang dipikirkan, pasti rasa malas menghantui kita. Rasa malas tersebut akan menggangu aktivitas.

Kesehatan mental atau mental illness tergolong pada beberapa bagian seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder), dan masih banyak lagi. Dari beberapa golongan tersebut banyak orang yang meninggal dengan cara bunuh diri. Menurut survei yang dilakukan oleh World Health Organization
(WHO)
lebih dari 800.000 orang setiap tahunnya di dunia mengakhiri hidupnya karena mental illness yang dialaminya. Rata – rata usia mereka 15 – 25 tahun. Pada usia tersebut, di zaman yang semakin berkembang manusia sedang mencari jati dirinya untuk diakui di lingkungan sosialnya.

Lalu beberapa studi juga menunjukan bahwa orang yang sering melakukan olahraga secara rutin akan mendapatkan energi, pikiran dan suasana hati yang postif. Maka dari itu pentingnya kesehatan mental dan fisik dalam mendukung aktivitas kita sehari – hari. Pasti kita akan lebih berenergi dan lebih bersemangat lagi dalam menjalani kehidupan ini.

Jadi sahabat deCODE jangan lagi menganggap remeh kesehatan mental ya! Yuk mulai sekarang seimbangakan kesehatan fisik dan juga kesehatan mental juga!

Penulis: Raudhatul Jannah Editor: Maulani Mulianingsih