Istilah “masa depan” mungkin terdengar menakutkan bagi beberapa orang. Sebagian orang atau kita sendiri pasti pernah memikirkan beberapa pertanyaan, seperti “Apa itu masa depan?”, “Kenapa kita harus memulainya?”, “Bagaimana langkah awal untuk memulainya?”, “Seperti apa diri kita di masa depan?”, “Apakah esok termasuk masa depan?”. Segudang pertanyaan itu menghantui pikiran kita, dan berujung pada konflik batin yang memunculkan rasa insecure dalam diri karena adanya kecemasan yang begitu mendalam.

Namun, sebenarnya kita tidak boleh terlalu takut perihal masa depan, karena jika terlalu takut kita tidak akan bisa menikmati kehidupan hari ini. Nah, agar sahabat deCODE tidak kehilangan arah dan terlarut dalam kesedihan, deCODE sudah merangkum beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Keep scrolling!

1. Kegiatan yang Dilakukan

JANGAN SALAH LANGKAH, LAKUKAN 5 KEGIATAN INI!
Sumber foto: liputan6.com

Sebuah pepatah mengatakan, “Apa yang kau tanam, itulah yang akan kau tuai”. Semua kegiatan yang kita lakukan hari ini, akan berdampak di masa depan. Sahabat deCODE nggak perlu khawatir dengan masa depan, karena Allah akan memberikan balasan yang indah kepada orang yang mau berusaha, dan bangkit dari setiap kegagalan. Usaha yang bisa kamu lakukan tentu saja yang mengandung unsur positif ya sahabat deCODE!

2. Lingkungan Pertemanan

JANGAN SALAH LANGKAH, LAKUKAN 5 KEGIATAN INI!
Sumber foto: faktualnews.co

Sahabat deCODE pasti pernah mendengar sebuah hadist yang mengatakan, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi, dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim
2628).

Hal ini memiliki makna, saat kita berada di lingkungan pertemanan yang sehat dan positif, secara tidak langsung kita akan mendapatkan energi positifnya. Sebaliknya, saat kita berada di lingkungan pertemanan yang kurang sehat dan negatif, kita akan mendapatkan energi negatifnya. Lingkungan pertemanan yang negatif akan merugikan diri kita. Jadi, kita harus selektif dalam memilih lingkungan pertemanan, ya! Agar kita menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.

3. Buku-buku yang Dibaca

JANGAN SALAH LANGKAH, LAKUKAN 5 KEGIATAN INI!
Sumber foto: youworkforthem

Membaca buku dapat membuka wawasan kita menjadi lebih luas, loh sahabat deCODE! Buku merupakan jendela dunia yang berisikan hal-hal yang tidak kita ketahui sebelumnya. Terdapat perbedaan antara membaca buku dengan membaca berita, nih sahabat deCODE! Jika membaca berita, kita hanya mengetahui beberapa informasi dari satu sisi saja, sedangkan informasi yang ada di buku telah dikumpulkan dari berbagai sumber kredibel, buku dan berita juga memiliki perbedaan dalam penyusunan struktur kalimatnya. Jadi, sesibuk apapun tetap luangkan waktu kalian untuk membaca buku, ya!

4. Pengalaman yang Dimiliki

Sumber foto: tasikplaza.blogspot.com

Aktif dalam berbagai kegiatan, seperti kepanitiaan, anggota organisasi, volunteer dalam skala nasional maupun internasional, dapat membentuk integritas, dan pola pikir kita. Jika kamu mahasiswa, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kedepannya, dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Teori dalam perkuliahan akan menjadi angan belaka, saat kita tidak mengaplikasikannya ke dalam kehidupan. Sahabat deCODE, menghargai waktu itu sangat penting, loh! Uang bisa dicari, tapi waktu tidak akan terulang kembali. Maka dari itu, penting untuk menghargai waktu sejak dini.

5. Topik Pembicaraan yang Berkualitas

Sumber foto: samahitawirotama.com

Semakin dewasa, tentu obrolan yang dipilih semakin memiliki nilai, dan berkualitas. Pemilihan topik yang berkualitas dapat dijadikan langkah awal untuk membentuk diri menjadi pribadi yang berpikiran terbuka, dan bijaksana dalam menerima informasi yang ada. Terbiasa membicarakan topik yang berkualitas juga dapat menjadi acuan kita, untuk berinteraksi dengan orang yang lebih berilmu.

Nah, itulah kumpulan informasi yang bisa membantu membentuk dirimu di masa depan. Karena masa depan ada di tangan kita, lebih baik untuk mempersiapkannya sejak dini agar kita tidak menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa sahabat deCODE!

Penulis: Bella Alfiyanti Editor: Siti Masitoh