June 15, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

AirBadminton, Cabor Baru yang Membawa Kemenangan bagi Indonesia!

2 min read

Sumber: Instagram/@badminton.ina

Tim Badminton Indonesia berhasil membawa pulang tiga medali dari kualifikasi AirBadminton Zona Asia ANOC World Beach Games 2023 di Putrajaya, Malaysia. Indonesia memperoleh dua medali emas dari Tim Relay dan Woman’s Triples. Serta satu medali perunggu dari Men’s Triples. Hal ini menjadi modal yang bagus untuk menyambut babak utama ANOC World Beach Games 2023 di Bali pada 5-12 Agustus mendatang.

Pengertian AirBadminton

AirBadminton merupakan cabang olahraga baru yang diusung oleh Badminton World Federation (BWF). Cabor ini mulai diperkenalkan pada ajang World Beach Tour oleh Association of National Olympic Committees (ANOC) di Bali 2023. AirBadminton dapat dikatakan unik, karena permainan olahraga ini dilakukan di tempat yang terbuka.

AirBadminton sama seperti badminton pada umumnya, yaitu menggunakan raket dan shuttlecock. Namun, terdapat perbedaan antara shuttlecocknya. Pada Badminton, shuttlecock terbuat dari bulu angsa berwarna putih. Sedangkan Airbadminton memakai airshuttle berwarna ungu dan merah, serta terbuat dari bahan plastik dan karet.

Sumber: Victor/id.victorsport.com

Lapangan AirBadminton lebih simple dibandingkan lapangan Badminton biasa, untuk single memiliki lebar 5 meter dan panjang 16 meter. Sedangkan untuk nomor double dan triple lapangannya lebih besar satu meter saja.  Selain ukuran lapangan, hal yang paling dominan lainnya yaitu adanya garis lurus yang jaraknya tidak jauh dari net. Garis lurus yang berada di kedua sisi lapangan disebut dengan dead zone, yaitu para pemain tidak boleh memukul ataupun menerima shuttlecock di area tersebut. Maka, dapat dipastikan tidak dianjurkan bermain netting

Aturan Permainan

Permainan AirBadminton terdapat tiga sektor, yaitu single, double, dan triple. Dalam permainan tim, seorang pemain tidak boleh memukul shuttlecock secara beruntun, ia harus bergantian dengan teman timnya. Kemudian, kedua sisi lapangan dipasang seperti orange cone sebagai penanda untuk melakukan servis. 

Permainan AirBadminton memiliki 11 poin per game. Bagi tim atau individu yang berhasil memperoleh tiga game, maka dinyatakan menang. Jika kedua tim atau individu memiliki kedudukan yang sama yaitu 11-11 maka harus ditambah 2 poin tambahan untuk bisa memenangkan pertandingan.

Pelaksanaan ANOC World Beach Games 2023

AirBadminton akan disahkan dalam ajang ANOC World Beach Games 2023 yang diselenggarakan di Pantai Jimbaran, Bali pada 5-12 Agustus mendatang. Negara yang dinyatakan lolos kualifikasi yaitu Indonesia (Tuan Rumah), Korea Selatan, Jepang, Cina, Denmark, dan Jerman.

Namun, ada kabar yang kurang mengenakkan. Indonesia mundur menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023 di Bali, pada Agustus mendatang. Pernyataan resmi tersebut disampaikan langsung melalui laman resmi ANOC World Beach Games 2023.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyatakan bahwa keputusan Indonesia mundur menjadi tuan rumah karena anggaran tidak dikeluarkan oleh pemerintah. ANOC kemudian menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada NOC, para atlet, Federasi Internasional yang telah menjadi mitra yang berkomitmen dan kepada penggemar di seluruh dunia.

Saat ini, prioritas ANOC yaitu memastikan para atlet didukung. Serta memberikan kompensasi sebaik mungkin kepada NOC dan Federasi Internasional terkait pembatalan Olimpiade ini. Hingga saat ini masih belum ada kepastian apakah ANOC World Beach Games 2023 akan terus berlanjut dengan alternatif di negara lain atau dibatalkan.

BACA JUGA :  Susi Susanti: Love All, Pencarian Cinta Sesungguhnya

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.