February 22, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

WARUNG MAK DOWER: PEDESNYE NAMPOL, SAMBELNYE BIKIN SEWOT, BETAWI PUNYE NIH!

2 min read

Foto oleh Muhammad Faisal Barakuan

“Woy encang encing nyak babee, nyok mampir ke warung aye, dijamin pade betah dimarih!” Itulah sedikit petuah dengan bahasa betawi yang sering kita dengar, apabila sedang beradadalam acara festival budaya betawi atau mungkin ketika kalian berkunjung ke tempat yang kental dengan budaya betawi. Budaya memiliki arti penting bagi masyarakat itu sendiri. Terutama bagi tiap-tiap wilayah, namun untuk era modern ini bisa dibilang jarang sebuah restoran yang mengambil tema budaya khas wilayahnya.

Di Jakarta sendiri pun, jarang kita temukan restoran yang menjajahkan nuansa bertema budaya Betawi. Salah satu restoran yang deCODE kunjungin ini, sangat kental akan nuansa Betawi yang bisa dibilang juga Betawi punye nih! Nama tempatnya Warung Mak Dower.

Uniknya restoran ini memiliki desain rumah-rumah betawi yang membuat kita seakan-akan makan di rumah sendiri, feels like home. Ornamennya pun, sangat kental dengan model Betawi Tempo Doeloe dari awal masuk hingga nuansa ruang makannya, kesan ini yang membuat deCODE takjub.

Nggak cuma nuansanya aja nih yang betawi banget, makanannya pun kental akan khas Betawi. Mulai dari menu ayamnya, bebek, ikan lele, petai, jengkol, dan masih banyak lagi. Dijamin bakal bingung mau pesan makanan apa disini karena memang menu makanannya banyak dan juga unik-unik, ada ayam tingting yaitu ayam goreng, ayam nampol yaitu ayam goreng pedas, ayam ngacir yaitu ayam goreng bawang, dan masih banyak menu lainnya yang bisa menggoyang lidah para pelahapnya.

Nggak sampai disitu, keunikan lainnya adalah pengunjung dipersilahkan untuk mengambil nasi putih dan sayur asamnya sendiri. Cocok banget nih buat kalian yang emang porsi makannya banyak, bisa mengambil porsi langsung banyak. Atau cocok juga bagi kalian yang lagi memulai program diet mulai besok.

Buat harganya nggak perlu khawatir, sesuai dengan namanya Warung Mak Dower. Harga disini sangat terjangkau mulai dari Rp 17.000 – Rp 52.000 kok cocok banget buat makan rame-rame bersama keluarga, rekan kerja, teman, pacar, gebetan, ataumantan juga boleh. Tempatnya asik buat ngumpul-ngumpul melepas penat banget.

Jadi buat kalian yang demen banget makan apalagi dengan nuansa rumah sendiri dan juga Betawi banget, nggak usah banyak cing cong langsung aja melipir ke Warung Mak Dower di Jl. Pemuda No.72, Jati, RT.2/RW.4, Jati, Jakarta Timur.

Fotografer & Reporter: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.