April 18, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

5 Tips Agar Tidak Takut Menjadi Penulis

3 min read
5 Tips Agar Tidak Takut Menjadi Penulis

Sumber foto: demetrademi.com

Sahabat deCODE pasti ada yang suka nuliskan? Atau bahkan udah punya tulisan tapi cuma disimpen sendiri? Banyak dari kita menulis hanya untuk sekedar iseng atau bahkan malu untuk dibagikan ke publik. Padahal dengan menulis kita dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah lho! Nah, kali ini deCODE akan kasih 5 tips untuk kalian agar lebih berani dalam menulis. Yuk, cek 5 tips dibawah ini!

1. Banyak-banyak berlatih

5 Tips Agar Tidak Takut Menjadi Penulis
Sumber foto: extra money.tips

Ibarat seorang bayi yang ingin tumbuh dewasa, pasti ia mengalami beberapa hal. Hal-hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan secara tiba-tiba semua perlu dilatih. Kalo kamu hobi menulis coba untuk terus dilatih agar tulisanmu semakin bagus. Coba untuk mulai dengan menulis hal-hal yang ringan mungkin seperti kisah hidup kamu sendiri dan kembangkan menjadi alur cerita yang menarik. Banyak-banyak membaca buku juga termasuk kedalam latihan menulis lho, dengan banyak membaca tentu kosa kata bahasa kita menjadi lebih bertambah, bukan?

2. Tentukan jadwal menulis yang pas

5 Tips Agar Tidak Takut Menjadi Penulis
Sumber foto: facebook.com/NewMillenniumWritings

Ketika kamu ini menjadi penulis itu berarti kamu harus konsisten untuk menulis. Aturlah jadwal senyaman kamu. Buat waktu luang untuk menulis, dengan minimal 15-30 menit. Dengan jadwal tersebut kamu akan terlatih untuk selalu membuat tulisan-tulisan baru. Selain itu hal ini penting agar saat kamu menulis tidak terganggu oleh kegiatan lain.

3. Tentukan apa yang ingin kamu tulis

5 Tips Agar Tidak Takut Menjadi Penulis
Sumber foto: benramsey.com/writings/

Tentukan apa yang ingin kamu tulis. Jenis tulisan ini dapat berbentuk apa saja, bisa dalam bentuk novel, artikel, puisi, sajak, ataupun cerpen. Apakah tulisan itu bersifat fiksi atau kisah nyata, sedih atau romantis. Kamu bisa menentukannya dengan melihat bacaan apa yang paling menarik kamu baca selama ini. Tapi bukan berarti kamu hanya terfokus pada tulisan tertentu ya sahabat deCODE! Ini hanya akan memudahkan kamu agar tidak kebingungan saat akan menulis.

4. Nikmati setiap proses menulis

5 Tips Agar Tidak Takut Menjadi Penulis
Sumber foto: fromthegrapevine.com

Mencintai setiap hal yang dilakukan akan sangat meringankan hal tersebut. Percaya deh kalo awalnya sudah ngedumel pasti bawaannya akan males terus. Menjalani proses menulis itu sangat penting biar ngga jadi penulis yang moody. Biasakan dengan tanam dalam otak bahwa “aku menikmati waktu menulisku” atau “aku senang bisa menulis” jangan mulai berkata “aku harus menulis” karna kata-kata tersebut bisa membuat kamu merasa terbebani dengan proses menulis.

5. Minta teman untuk membaca tulisanmu

5 Tips Agar Tidak Takut Menjadi Penulis
Sumber foto: janiceannemalone.wordpress.com

Nah! Ini adalah hal yang pas untuk kamu yang ingin menjadi penulis. Sebelum kamu siap kirim ke media yang lebih besar tidak ada salahnya untuk meminta teman kamu membacanya. Mungkin mereka akan memberikan pujian serta saran yang lebih baik untuk tulisanmu. Hmm tapi jangan kesal ya saat teman meberikan komentar yang tidak sesuai dengan maumu. Jadikan hal tersebut acuan untuk membuat tulisan yang lebih baik lagi.

“To write means more than putting pretty words on a page, the act of writing is to share a part of your soul to the world”

Sahabat deCODE, sekian 5 tips untuk menghilangkan rasa takutmu menjadi penulis. Yuk hargai hasil karyamu dengan mulai mencoba untuk mempublishnya. Entah hanya ke temanmu, ke majalah kampus/sekolahmu atau bahkan ke media yang lebih besar lagi. Ingat setiap tulisan itu mempunyai keindahan di dalamnya.

Writer: Nur Syifa Buchis | Editor: Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.