4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan Mulai dari Sekarang
Sumber Foto : unsplash.com

Sahabat deCode tentu tahu bahwa memiliki gaya hidup sehat  adalah kewajiban semua orang. Gaya hidup sehat mampu menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Penyakit ringan hingga serius, seperti jantung koroner dan kanker, bisa kamu hindari dengan menerapkan gaya hidup yang sehat loh.

Penerapan gaya hidup sehat tidak hanya untuk mencegah timbulnya penyakit, namun menjadikan tubuh kita terasa segar dan bersemangat. Yuk, simak ini dia gaya hidup sehat yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang.

  • Menjaga Pola Makan
4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan Mulai dari Sekarang
Sumber : hellosehat.com

Menjaga pola makan memang suatu hal yang sulit untuk kita atur, di era sekarang banyak sekali variasi makanan. Jenis makanan yang beragam tersebut  menggugah selera dan membuat kita berkeinginan untuk mencobanya. Sering kali kita tidak memperhatikan zat-zat makanan apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Bisa saja mengandung zat-zat baik bagi tubuh atau justru sebaliknya.  Kita perlu memperhatikan jenis kandungan, atau zat-zat yang terkadung dalam makanan yang kita makan.

Mengatur pola makan bertujuan untuk terhindar dari penyakit penyakit seperti diabetes, kolestrol dan jenis penyakit lainya. Kita dapat memulai dengan memakan buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari yang baik bagi tubuh kita.

  • Rutin Berolahraga
4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan Mulai dari Sekarang
Sumber : anlene.com

Rutin berolahraga dapat meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh serta memperlancar peredaran darah. Bagi kamu yang baru memulai, tidak perlu lama-lama untuk olahrga, cukup lakukan 5 sampai 10 menit perharinya.

Olahraganya pun bisa dengan cara yang sederhana, seperti berjalan kaki. Berjalan kaki 30 menit setiap hari lebih baik untuk mengurangi risiko terserang penyakit serius dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

  • Perbaiki Waktu Tidur
4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan Mulai dari Sekarang
Sumber Foto: indianexpress.com

Memperbaiki waktu tidur adalah salah satu cara  penting untuk menerapkan gaya hidup sehat. Memiliki waktu tidur yang sedikit dapat memicu masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang muncul seperti kelelahan, suasana hati yang kurang bagus, hingga stress.

Waktu tidur harus sangat diperhatikan, terlihat sederhana tetapi sangatlah berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita. Idealnya waktu tidur bagi orang dewasa dibutuhkan 7 hingga 9 jam setiap malam. Kamu dapat  mengurangi asupan kafein, terutama di waktu menjelang tidur, dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman  agar memiliki kualitas waktu tidur yang baik.

  • Menjaga Kesehatan Mental
4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan Mulai dari Sekarang
Sumber : beautynesia.id

Kesehatan mental kamu  sama pentingnya dengan kesehatan fisik loh. Kesehatan mental yang buruk dapat menguras energi dan fokus kamu.  Risiko besar seperti penyakit jantung,  juga dapat menghampiri kamu jika tidak menjaga kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan bersosialisasi, olahraga ataupun dengan self healing.

Nah itu dia 4 cara menerapkan gaya hidup sehat ala deCode yang dapat kamu mulai dari sekrang. Tunggu apalagi, terapi gaya hidup sehat mulai hari ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Mari manfaatkan tubuh kita yang masih kuat dan muda ini untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Penulis: Dinda Syabina Editor: Amanda Rizki Amelia