Hai sobat deCODE!

Kehidupan perkuliahan tentu tidak lepas dari tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Dalam mengerjakan tugas, tentunya kamu membutuhkan referensi  seperti buku, jurnal, atau karya tulis ilmiah saat menulis.

Jika kamu merasa sulit untuk menemukan sumber referensi, jangan khawatir! Karena saat ini banyak website penyedia jurnal ilmiah yang dapat diakses secara online dan gratis. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi kamu.

Mau tahu apa saja website itu?  Simak informasi selengkapnya berikut ini.

7 Rekomendasi Website Untuk Mencari Jurnal dan Karya Ilmiah Online
Sumber Foto :pixabay.com

1. Perpusnas

Situs pertama yang dapat kamu kunjungi adalah Perpusnas nih, Sobat deCODE. Situs ini merupakan situs yang disediakan oleh pemerintah untuk mengakses buku-buku milik Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas).

Tak hanya buku, Perpusnas juga menyediakan jurnal ilmiah yang seharusnya berbayar. Pemerintah menyewa jurnal tersebut sehingga orang-orang bisa mengaksesnya secara gratis.

Untuk jurnal yang bisa diunduh di antaranya berasal dari penerbit Cambride University Press dan Ebrary. Proses pengunduhan buku di aplikasi Perpusnas sangatlah mudah. Namun, karena berkonsep seperti perpustakaan maka cara mengunduhnya adalah bergantian.

Kamu hanya dapat mengunduh jika buku itu sedang tidak diunduh oleh pengguna lain. Jadi, kamu harus menunggu sampai buku itu selesai dibaca oleh peminjam sebelumnya. Untuk batas waktu peminjaman sendiri adalah dua minggu.

Tertarik untuk membaca? Perpusnas dapat diakses melalui e-resources.perpusnas.go.id atau download aplikasinya di smartphone kamu.

2.  Academia.edu

Situs ini dapat disebut sebagai media sosialnya para akademisi di dunia. Cara kerja Academia sendiri hampir mirip dengan Facebook. Hanya saja, dokumen yang mereka bagikan lebih fokus ke tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan.

Cara mengakes situs ini cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan akun melalui akun Google atau Facebook. Setelah itu, kamu dapat menjelajah seluruh jurnal yang ada di Academia.edu dengan bebas. Ada jutaan makalah dan ratusan ribu jurnal yang bisa kamu akses melalui situs ini academia.edu

3. LIPI

LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia adalah salah satu lembaga pemerintahan non kementerian yang bergerak di bidang keilmiahan. LIPI menyediakan berbagai macam jurnal yang dapat diakses di “jurnal.lipi.go.id”.

Di situs online LIPI, berbagai jurnal dari beragam tema disediakan, seperti Kimia dan Fisika. Selain itu, jurnal-jurnal ini juga bisa diakses secara gratis. Dengan sarana ini, penerbit jurnal bisa menerbitkan jurnalnya secara full online.

4. Google Schoolar

Google Scholar menyediakan ratusan ribu referensi ilmiah dan literatur pendidikan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai macam e-book yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

Dengan adanya Google Scholar, penyusunan artikel ilmiah jauh lebih mudah. Cara pencariannya juga terbilang mudah. Cukup masukkan kata kunci yang relevan dan dapatkan jurnal yang sesuai.

Situs Google Schoolar dapat diakses melalui scholar.google.co.id.

5. Researchgate

ResearchGate sendiri disebut-sebut sebagai tempat berkumpulnya peneliti dunia. Di situs ini, para pengguna bebas melontarkan pertanyaan publik atau berdiskusi untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan terkait penelitian.

Jurnal ilmiah dalam Researchgate dapat dibaca secara gratis dan ada beberapa jurnal yang harus mendapat izin akses dari pemiliknya. Meski begitu, ResearchGate tetap menjadi salah satu situs yang sangat bermanfaat.

Tertarik mengunjungi? Situs ini dapat diakses melalui researchgate.net.

6. ScienceDirect

ScienceDirect adalah platform yang menyediakan referensi jurnal Internasional. Situs ini sudah tak asing lagi di kalangan peneliti dan dosen. Namun, situs ini banyak memuat artikel ilmiah berbayar. Untuk mahasiswa yang sedang mencari referensi jurnal, bisa masuk ke situs ini dan membaca abstrak penelitian tersebut.

Situs ini dapat diakses melalui sciencedirect.com.

7. Garuda (Garba Rujukan Digital)

Garuda atau Garba Rujukan Digital adalah portal penemuan referensi ilmiah dan umum yang dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti – Kemdiknas RI.  Situs ini memuat e-journal, e-book domestik, tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian, hingga karya umum.

Cara pencarian file di situs ini pun cukup mudah. Kamu tinggal menuliskan kata kunci di kolom search yang ada di bagian atas website. Setelah itu, kamu sudah bisa menemukan jurnal yang relevan.

Situs ini dapat diakses di https://garuda.ristekbrin.go.id/      

Nah, itulah rekomendasi website jurnal online ala deCODE. Semoga bermanfaat, ya!

Penulis: Adhera Wardani Editor: Amanda Rizki Amelia