Sahabat deCODE tahu gak sih! Selama pandemi, orang-orang lebih protektif dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh yang baik menjadi prioritas agar tidak tertular Covid-19. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh disaat pandemi adalah dengan menjaga pola hidup sehat, istirahat yang cukup, serta memenuhi asupan vitamin dan mineral.

Sumber : CNN INDONESIA

Vitamin C menjadi salah satu suplemen yang paling banyak dicari pada masa pandemi. Hal ini terjadi karena vitamin C dianggap memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh, seperti menangkal infeksi virus.

Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk tubuh. Begitu juga dengan vitamin C. Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi jika vitamin C dikonsumsi secara berlebihan atau tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan, malah bisa memperburuk kondisi kesehatan. Kebutuhan vitamin C setiap individu itu berbeda karena dipengaruhi oleh faktor usia dan gaya hidup.

Dilansir pada laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan, @satgas.relawan, Rabu (22/09/2021), dinyatakan bahwa asupan vitamin C tidak hanya diperoleh dari suplemen, tetapi dapat diperoleh secara alami dari buah dan sayur.

Sahabat deCODE tahu gak sih, mengkonsumsi vitamin C secara berlebih akan memberikan efek buruk terhadap kesehatan. Yuk, simak!
1. Gangguan Jantung

Sumber : health.kompas.com


2. Gangguan hati

Sumber : health.kompas.com


3. Gangguan pankreas

Sumber : https://www.sehatq.com/


4. Gangguan tiroid

Sumber : https://www.sehatq.com/


5. Batu ginjal

Sumber : health.kompas.com


6. Gangguan sistem saraf pusat

Sumber : health.kompas.com

Untuk mencegah kelebihan vitamin C, dosis harian yang disarankan untuk dikonsumsi per hari adalah 45 miligram. Sementara batas dosis yang dapat ditoleransi oleh tubuh adalah sampai dengan 2.000 miligram per hari.
Walau demikian, lebih dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi vitamin C agar sesuai dengan kebutuhan kalian.

Wah, ternyata tidak boleh sembarang mengkonsumsi vitam C ya, sahabat deCODE! Semoga artikel kali ini bermanfaat, sampai jumpa lain waktu.

Penulis: Siti Masitoh Editor: Saskia Nurulita