June 15, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Game Online

2 min read

Saat ini perkembangan teknologi membuat manusia mudah untuk menjalankan segala aktivitas yang diinginkan. Game online merupakan permainan yang dapat dimainkan bersama dengan orang lain alias multiplayer games. Game online saat ini menjadi popular karena bisa dimainkan bersama teman-teman bahkan dapat dimainkan dengan orang luar negeri. Game online biasanya dapat dimainkan di berbagai perangkat seperti komputer, laptop, handphone dan playstation.

Meskipun game online sangat diminati oleh orang-orang di seluruh dunia, tetapi game online senidiri memiliki efek yang negative untuk pemainnya, seperti kecanduan games, dapat membuat mata minus, jarang berolahraga dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat game online dipandang sebagai aktivitas yang kurang baik di mata masyarakat. Namun efek negative game online dapat dihilangkan secara perlahan dengan beberapa cara yang sederhana, yaitu.

Pertama, kurangi waktu main secara perlahan. Dalam upaya untuk mengatasi kecanduan game online, tentunya kita tidak bisa menghilangkan candu bagitu saja, tentunya ada proses yang harus dilalui agar rasa candu game online dapat berkurang secara perlahan.

Contohnya ketika kita sudah terkena candu game online usahakan kita dapat mengurangi waktu kita bermain game, seperti yang awalnya 10 jam sehari menjadi 8 jam sehari. Dalam hal tersebut jika terus dilakukan setiap hari maka kita akan terbiasa.

Kedua, uninstall semua yang berhubungan dengan game. Jika masih belum bisa menghilangkan kecanduan game online, maka cara yang paling efektif adalah uninstall semua game yang ada di komputer kita, walaupun sebenarnya ini adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan.

Ketiga, mencari hobi lain. Cara ini sangat efektif bagi para pemain yang sudah terkena candu game, dengan mencari hobi selain bermain game, kita dapat mengurangi efek candu bermain game, selain itu hobi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang di waktu yang tenang. Pastinya semua orang memiliki hobi yang sangat menyenangkan untuk dilakukan dan dapat menggantikan game, seperti menggambar dan olahraga.

Keempat, meluangkan waktu bersama keluarga. Cara ini dapat mengatasi kecanduan game dengan cara bersosialisasi dengan teman ataupun keluarga, denganc ara tersebut kita bnisa lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga maupun teman.

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Muhammad+Adi+Rahman+Dzaki”]Penulis: Muhammad Adi Rahman Dzaki [/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Nadila+Natasya Muhammad+Adi+Rahman+Dzaki”]Editor: Nadila Natasya [/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.