Tak terasa tahun 2021 tinggal menghitung hari, persiapan apa yang sudah sahabat deCODE lakukan di penghujung tahun baru? persiapan tahun baru itu biasanya identik dengan perayaan pesta kembang api, tetapi di beberapa berbagai negara di dunia masih menjalankan tradisi unik untuk perayaan tahun baru. Berikut ini 5 tradisi unik sejumlah negara di dunia saat tahun perlahan berganti, simak yuk!

  1. Melompat Tinggi (Denmark)
Sumber : (blogunik.com)

Orang-orang Dermark mempunyai tradisi yang unik di pergantian tahun, yaitu dengan melompat setinggi mungkin. Dan yang uniknya lagi, orang-orang Denmark melakukan tradisi melempar piring ke depan pintu saudara atau teman terdekat tepat di malam tahun baru.

Diyakini bahwa lompatan tinggi tersebut memberi semangat lebih besar lagi agar usahanya selalu berhasil dan lebih beruntung kedepannya. Sedangkan tradisi membanting piring diyakini bahwa dapat mengusir setan jahat yang mencoba menggagalkan segala usaha orang Denmark.

2. Joya no Kane / Membunyikan lonceng 108 kali (Jepang)

Sumber : (Ieon.jp)

Yang kedua ada tradisi bernama Joya no Kane. Apasih Joya no Kane itu? Tradisi dimana kuil Buddha akan membunyikan lonceng tepat di pukul 12 malam, sebanyak 108 kali tanpa henti sebagai tanda bergantinya tahun yang baru sering dikenal dengan Joya no Kane. Banyaknya bunyi lonceng itu melambangkan dosa-dosa manusia dan bermaksud untuk menghapusnya. Sehingga di tahun yang baru diharapkan manusia seperti terlahir kembali bagaikan bayi yang masih suci.

3. Memakan 12 Anggur (Spanyol)

Sumber : (kumparan.com)

Mengkonsumsi 12 Anggur saat tengah malam tahun baru dapat menangkal nasib buruk bagi tradisi masyarakat Spanyol. Tradisi ini dikenal dengan sebutan ‘’Las doce uvas de la buena suerte’. Memakan anggur ini dilakukan 12 detik sebelum memasuki pukul 00.00 waktu setempat. Setiap detik seseorang akan makan satu buah anggur pada setiap dentang waktu. Jika gagal makan 12 anggur, maka kamu akan dianggap sial. Untuk setiap anggur yang dimakan mewakili keberuntungan yang akan diperoleh pada setiap bulan di tahun yang akan datang.

4. Melelehkan Timah Untuk Meramal Nasib (Finlandia)

Sumber : (Uniqueness In The World)

Melelehkan lempengan timah dalam sebuah baskom air adalah sebuah tradisi dari Masyarakat Finlandia untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun yang akan datang.

Masyarakat Finlandia percaya bahwa bentuk timah yang terbentuk melambangkan peristiwa besar yang akan terjadi. seperti jika timah berbentuk menyerupai hati atau cincin akan berarti pernikahan, bentuk kapal melambangkan perjalanan yang jauh serta bentuk babi berarti rejeki yang berlimpah.

5. Menyiapkan Barang Yang Berbentuk Bulat (Filipina)

Sumber : (idntimes.com)

Masyarakat Filipina merayakan tahun baru dengan berbagai macam hal yang berbentuk bulat. Karena bentuk tersebut merepresentasikan koin (uang) karena koin (uang) melambangkan kemakmuran di tahun mendatang.

Mulai dari makanan, pakaian dengan unsur bulat, seperti motif polkadot hingga aksesori lainnya. Mereka percaya bahwa bentuk bulat  mampu menarik rezeki atau membawa keberuntungan di kehidupan mereka.

Penulis: Safna Mutiara Syahfitri Editor: Delfina Rahmadhani